Lihat ke Halaman Asli

Nilaptriandyn

Mahasiswa

Tugas Semester Desain Grafis Mahasiswa 17 Agustus 1945 Surabaya: Branding Produk UMKM

Diperbarui: 3 Mei 2024   21:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

LOGO/dokpri

Pengabdian kepada masyarakat - Tim Mahasiswa/i Branding yang keren  beranggotakan  oleh Nila Putri Andayani dan Naufal Resa A telah memberikan pelatihan branding kepada UMKM : Stea x Scatjhe yang berada di Jalan Nginden Semolo, Nginden Jangkungan, Kecamatan Sukolilo, Surabaya, Jawa Timur.

Selama ini kebanyakan masyarakat indonesia selalu berfikir bahwa steak merupakan makanan yang mahal dan hanya bisa dimakan oleh orang-orang kalangan elite saja.

Akan tetapi realitanya tidak semua steak bisa dikatakan mahal, bahkan beberapa outlet makanan telah menjual varian steak dengan harga yang lebih terjangkau tetapi rasanya tidak jauh beda dengan yang ada di restoran ternama.

Salah satunya adalah steak yang dijual oleh mbak Selvia Damayanti. Steak yang dijual memang bukanlah steak yang berasal dari daging sapi melainkan beliau berinovasi dengan daging ayam yang diolah sedemikian rupa supaya menghasilkan bentuk yang sama dengan steak daging sapi pada umumnya.

Tak hanya itu platting yang disajikan juga dibuat mirip sedemikian rupa dengan steak daging yakni di suguhkan dengan potongan kentang yang digoreng dan juga tak lupa dengan sayuranya potongan kacang polong, jagung, dan kacang panjang.

Namun, mbak selvia mengaku bahwa saat ini belum banyak pelanggan yang ia dapatkan. meskipun bisa di bilang outlet makanan yang sedang dikelola oleh mbak selvia sudah sangat strategis sekali dan dapat di jangkau oleh semua masyarakat. Mbak selvia juga telah menjajakan jualanya di akun sosial medianya tetapi hasilnya tetap saja nihil bahkan yang laris hanyalah jualan yang tidak di target di awal oleh beliau seperti makanan ringanya saja.

Hal ini tentu saja membuat mbak selvia amatlah sedih karena cita-citanya di awal untuk memperkenalkan steak enak dengan harga yang terjangkau belum bisa tercapai.

Maka dari itu peran kami sangatlah di butuhkan karena selain kita harus mendesain ulang kita juga perlu membuat desain  yang ciamik untuk menarik pembeli dari luar maupun dalam lingkungan outlet. Langkah pertama kami memulai wawancara dengan owner outlet tersebut yakni dengan mbak selvia sendiri. selain kami mengadakan wawancara, kami juga meminta persetujuan untuk membuat branding steak yang baru supaya brandingan kita aman dan tidak ada pihak yang merasa terugikan.

Langkah kedua kami segera membuatkan logo yang baru dan juga poster sebagus mungkin untuk menarik perhatian pembeli karena pada awalnya mbak selvia telah mengalami masalah dengan kurang menariknya desain yang di buat oleh beliau sendiri sehingga pembeli minim tertarik dengan desain sebelumnya.

Kami juga memberikan variasi warna baru yang lebih menyala supaya tidak terlihat monoton. Kami harap dengan adanya kerja keras kami ini akan sedikit membantu usaha yang telah didirikan dan di jalankan oleh mbak selvia di tahun 2022.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline