Lihat ke Halaman Asli

Menggali Koneksi Lewat Program Magang MBKM di Lazada Indonesia

Diperbarui: 8 November 2022   12:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Internship di Lazada Indonesia Batch 2. Dokpri

Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) memberikan peluang bagi mahasiswa dalam mendapatkan pengetahuan dan pengalaman akan dunia kerja yang sesungguhnya. 

Terdapat sejumlah syarat untuk bisa mengikuti program tersebut, diantaranya tercatat sebagai mahasiswa aktif perguruan tinggi (minimal semester 5) yang berada di bawah naungan Kemendikbudristek, mahasiswa yang tidak akan menjalani Yudisium ataupun lulus selama periode magang berlangsung, serta bersedia melaksanakan magang selama 5 bulan dan memperoleh izin dari pengelola Program Studi. 

Peluang ini tidak dilewatkan oleh penulis yang berasal dari Universitas Pendidikan Indonesia Jurusan Manajemen yakni Ayu Niken Shafira Putri (Niken) sebagai mahasiswa yang mengikuti Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) tahun 2022. 

Penulis membagikan sedikit pengalamannya yang mendapat kesempatan magang di PT ECART WEBPORTAL (Lazada Indonesia). Penulis memilih divisi Business Development untuk menumbuhkan soft skill yang sangat menunjang kelancaran pengembangan karir di masa depan.

Dalam mengikuti magang di Lazada Indonesia, penulis ditempatkan di tim Vendor Acquisition (VA). Vendor Acquisition (VAmerupakan bagian dari divisi Business Development yang terdiri dari 4 Kategori yaitu Electronics, Fashion, Fast Moving Consumer Goods (FMCG), dan General Merchandise (GM). Tanggung jawab penulis sebagai seorang Vendor Acquisition (VA) yakni dengan memberikan edukasi serta penawaran kerja sama kepada calon penjual.

Selain itu terdapat proses onboarding yang mengharuskan penulis untuk memiliki communication skill dan membangun partnership antara penjual dengan perusahaan yang berpengaruh pada peningkatan kemampuan negosiasi dengan cara melakukan komunikasi efektif yang meyankinkan calon penjual untuk menjalin kerja sama dengan perusahaan.

Selama 5 bulan mengikuti program magang di Lazada Indonesia, penulis mendapatkan pengetahuan terkait prosedur dalam onboarding (pembukaan) toko online yang dimulai dari proses registrasi, verifikasi dokumen, pengunggahan produk, dan pengaturan jasa pengiriman. Hasil dari kegiatan program ini, penulis berhasil achieve target dalam onboard kepada penjual di Kategori Electronics, Kategori Fashion, dan  Kategori Fast Moving Consumer Goods (FMCG).

Adanya Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) tersebut sangat disyukuri oleh penulis dan menjadi sebuah langkah yang sangat tepat untuk menambah ilmu dan pengalaman, serta kegiatan tersebut dapat menambah relasi dan koneksi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline