Lihat ke Halaman Asli

Tidak Produktif di Tengah Pekerjaan? Yuk, Praktikkan Tips Ini!

Diperbarui: 12 Desember 2017   13:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

source: https://regmedia.co.uk/

Go Dok-Nyeri kepala ketika berada di tempat kerja dapat menjadi hal yang menjengkelkan dan berakibat pada penurunan tingkat produktivitas Anda. Ketika sudah dikejar oleh tenggat waktu, mau tak mau Anda harus bekerja lebih keras dibandingkan sebelumnya. Hal tersebutlah yang menyebabkan saraf pusat memiliki tugas untuk menerjemahkan bahasa dan menyerap informasi lebih banyak.

Namun, sayang rasanya apabila meninggalkan pekerjaan di tengah tenggat waktu. Beberapa hal di bawah ini bisa dijadikan sebagai alternatif agar tetap produktif juga meredakan nyeri kepala. Merasa tidak produktif di tengah pekerjaan? Praktikkan tips lebih produktif di tengah pekerjaan berikut:

1. Ambil jeda selama 10-15 menit di sela kegiatan

Batas manusia untuk fokus dalam sebuah pekerjaan berkisar pada durasi 45 menit dalam pekerjaan yang sama. Setelah jangka waktu tersebut, fokus akan mengalami penurunan. Jeda atau waktu istirahat diperlukan untuk mengganti kegiatan baru dari kewajiban berkutat dengan pekerjaan. Waktu yang sedikit ini dapat digunakan untuk mengistirahatkan pikiran dengan cara mendengarkan musik instrumen maupun tidur sejenak. Maka dari itu, jam pelajaran yang berlaku di Indonesia berdurasi 45 menit untuk menghindari siswa/mahasiswanya bosan.

2. Tempatkan beberapa tanaman di dalam ruang kerja

Biologis asal Amerika, Edward O. Wilson pada 1984 mengemukakan tesisnya bahwa manusia memiliki kecenderungan untuk hidup berdampingan dengan alam. Meskipun saat ini bentuk kedekatan dengan alam memiliki bentuk sendiri, maka tak ada salahnya jika anda menempatkan sebuah pot kecil tanaman di sudut meja kerja. Tanaman yang dipiih bisa jenis rambat ataupun tanaman terarium. Tanaman hijau dapat menjadi alternatif diantara warna lain yang dominan. Semacam sarana refreshing ketika berada di dalam ruangan.

Spektrum warna hijau yang menempati posisi ke empat dalam spektrum warna pelangi yang dikategorikan oleh Sir Isaac Newton tersebut, termasuk dalam golongan warna yang sejuk yang dapat memberi dampak psikologis menenangkan pikiran. Selain itu, tanaman mini dapat digunakan untuk mempercantik ruangan.

3. Minum air putih

Selanjutnya, tips lebih produktif di tengah pekerjaan dengan rajin mengonsumsi air putih. Mengapa? Karena tubuh manusia terdiri dari 70% cairan, dan air memiliki fungsi untuk menyeimbangkan jumlah tersebut. Tubuh yang mengalami dehidrasi dapat mengakibatkan kelelahan dan nyeri di kepala, sebab otak kekurangan kadar oksigen. Nah, maka dari itu banyak ahli kesehatan yang menganjurkan pemenuhan cairan dalam tubuh dilakukan dengan minum air putih sebanyak 8-10 gelas per hari untuk membantu pasokan oksigen dalam darah dan otak. Jadi, bagaimana sudah cukupkah konsumsi air Anda hari ini

4. Bersosialisasi

Jika jenuh di depan layar laptop, bangkitlah dari tempat duduk dan ciptakan obrolan singkat dengan teman sekantor Anda. Pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial, dan bersosialisasi dapat membuat Anda merasa lebih hidup di tengah penatnya kantor.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline