Lihat ke Halaman Asli

Nesya CallistaPutri

Mahasiswi Teknik Industri Universitas Katolik Parahyangan

Cinta Kasih dalam Kebenaran

Diperbarui: 8 September 2022   16:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri 

Cinta kasih dalam kebenaran adalah suatu hal yang penting dalam relasi dengan sesama manusia. Hal ini harus selalu diaplikasikan karena masalah yang ditimbulkan sering kita dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai seorang manusia, kita harus menyayangi sesama. Namun rasa sayang ini harus melalui cara yang benar. Seperti kata pepatah, kebenaran adalah suatu kebaikan. Maka jika kita menyayangi dengan benar itu menjadi kebaikan kita sebagai sesama manusia.

Dalam dunia perkuliahan, kasus free rider sudahlah sering dijumpai. Berkedok setia kawan dan saling membantu, sehingga banyak orang yang tanpa sadar melakukannya. Free rider memiliki dampak positif dan negatif. Positifnya, bagi sebagian orang akan mendapatkan ilmu dan pengalaman yang lebih banyak. Sedangkan negatifnya, bagi sebagian orang tidak akan mendapatkan ilmu dan pengalaman yang baru. Tentunya hal ini dilakukan dengan sebab. Maka kita harus menanyakan sebab pelaku melakukan hal tersebut dan jangan cepat menyimpulkan itu disebabkan oleh hal yang buruk. 

Sebagai manusia di era modern, kita pastinya harus memiliki banyak skill. Skill tersebut dapat diperoleh jika kita mau berusaha. Sehingga tidak ada gunanya jika kita menjadi free rider

Teruslah berusaha karena apa yang kamu tanam itu yang kamu tuai kelak.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline