Lihat ke Halaman Asli

neneng salbiah

Jika ada buku yang ingin kau baca, namun kau tak menemukannya, maka kaulah yang harus menulisnya!

8x3=24. Rumus Sukses untuk Work Life Balance dalam Kehidupan Sehari-hari

Diperbarui: 23 Maret 2024   04:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tebar Hikmah Ramadan. Sumber ilustrasi: PAXELS

8x3=24. Rumus sukses Work, Life Balance Dalam Kehidupan sehari-hari

"Kerja...kerja...kerja terus, kaya nggak! gila, iya" kalimat itu seringkali kita dengar.

Padahal seorang muslim sepatutnya kita bisa mengatur keseimbangan hidup. Lalu bagaimana Islam mengajarkan soal "Work, life, balance?

Islam mengajarkan kita untuk bekerja agar tidak hidup dalam kemiskinan. Seperti kata sebuah hadist, "Bisa jadi miskinmu akan membawamu kepada kekafiran," karena dampak dari kemiskinan membuat manusia menjadi gelap mata. Seperti merampok, mencuri dan kriminal-kriminal lainnya.

Memang uang bukanlah segalanya, tapi segalanya butuh uang. Banyak sekali ibada-ibadah yang membutuhkan banyak uang. Seperti berhaji, sedekah, dzakat, membangun masjid dan banyak lagi yang lainnya.

Jika kaya di larang, mengapa banyak para Nabi yang hidupnya kaya raya, seperti Nabi Suliaman As yang menjadi crazy rich global and untill now.

Akan tetapi kita perlu menyeimbangkan antara hidup dan ibadah. Allah tidak meminta kita untuk beribadah sepanjang hari. Lima waktu dengan interval pada siang hari, yaitu sholat Dzuhur dan Ashar. Yang bisa kita lakukan di sela aktivitas kerja di siang hari pada umumnya.

Ketika pagi hari di saat kita hendak bekerja hanya cukup dengan Bismillah, niatkan karena Allah agar apapun pekerjaan yang kita lakukan medapat keberkahan dan keridhoan dari Allah Swt.

Ketika waktu sholat tiba. Hentikan sejenak aktivitas duniawi. Agar kita bisa lebih khusyuk berkomunikasi kepada sang pemilik rejeki dan mengulang doa dan niat yang kita miliki di pagi hari tadi.

Kita bekerja formal 8 jam per hari. Ternyata angka 8 ini adalah lompatan dari waktu sepanjang hari (24 Jam). Mari kita seimbangkan dari waktu 3x8 jam. Jika kita membaginya menjadi sepertiga.

8 jam pertama -Bekerja-

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline