Lihat ke Halaman Asli

''Dare to Change''

Diperbarui: 4 Januari 2018   14:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar pribadi

BERANI BERUBAH ITU......HARUS!!

Satu satunya yang tidak berubah di dunia ini adalah perubahan itu sendiri. Selama masih ada kehidupan akan tetap ada perubahan.

 Satu kenyataan pahit yang harus kita terima adalah setiap kita pasti berubah.

Yang tidak berubah akan dipaksa oleh alam semesta untuk berubah. Perubahan itu bukan masalah suka-tidak suka atau mau-tidak mau namun lebih kepada siap atau tidak siap. Bagi yang siap maka dia akan mampu berubah duluan, menyesuaikan terlebih dahulu, dan akhirnya mengambil posisi jauh lebih nyaman dari yang berubah belakangan, itupun berubahnya juga karena terpaksa.

ILUSTRASI

Satu cerita yang menarik mengenai teman saya, Kita sebut saja beliau dengan nama bekennya yaitu :  Paijo.

Paijo adalah orang yang melankolis dengan romantisme masa lalu yang kuat dan keyakinan teguh yang melebihi apapun. 

Dalam bahasa lain : Lebay, Kudet, dan Ngeyel.

Dia meyakini bahwa smartphone adalah glitch atau kesalahan yang diciptakan manusia era ini. Satu-satunya handphone yang dia pakai sampai dengan tahun lalu, 23 Desember 2017 adalah HP Nokia 8310 yang entah kenapa menjadi sangat kuat dan powerful seakan tidak lekang oleh waktu dan zaman (saya heran karena hp itu tidak punah seperti teman-temannya yang kebanyakan sudah menyusul penciptanya).

            Paijo seringkali berkilah bahwa keteguhannya tidak memakai smartphone adalah demi tujuan kemanusiaan, yaitu memulihkan peradaban manusia menjadi makhluk sosial kembali dan bukan makhluk menunduk (orang yang senantiasa bermain smartphone biasanya menunduk saat berjalan)  seperti yang banyak disebarkan di media sosial.

            Singkat cerita, "Pertobatan" Paijo terjadi saat pekerjaannya mulai menuntut kecepatan, klien-kliennya tidak mau lagi menunggu lama, untuk paijo bisa membuka laptop dan mengirim berkas-berkas. Kompetitornya sudah mengirimkan penawaran lewat PDF di Whats App. Tuntutan zaman yang pada akhirnya mengalahkan idealisme dan keteguhan hati seorang paijo.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline