Lihat ke Halaman Asli

Resume Pembelajaran Terpadu

Diperbarui: 26 Juni 2015   12:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Sebagai penyelenggara atau pelaksana pendidikan tingkat sekolah dasar dituntut agar dapat memilih salah satu dari beberapa alternatif pembelajaran yang ada. Salah satu alternatif pembelajaran tersebut adalah pembelajaran terpadu. Pembelajaran terpadu sangat cocok diterapkan terutama disekolah-sekolah dasar terutama dikelas rendah. Pembelajaran terpadu pada dasarnya adalah sama dengan pembelajaran tematik hanya saja ruang lingkup dari pembelajaran terpadu lebih luas dari pada pembelajaran tematik. Pembelajaran terpadu sangat cocok diterapkan pada anak sekolah dasar karena anak usia sekolah dasar sangat senang belajar berdasarkan pengalaman dan lingkungan sekitar. Pembelajaran terpadu.

Pembalajaran terpadu adalah upaya peningkatan kualitas pembelajaran dengan menyesuiakan dengan minat dan kebutuhan anak . Pembelajaran terpadu menyesuikan dengan karakterisrik anak

Adapun cirri-ciri pembelaharan terpadu antara lain adalah ;

1. Pembelajaran berpusat pada anak

Dalam pembelajaran terpadu anak adalah sebagai pusat pembelalamjaran dimana anak sebagai peran utamanya dimana anak yang aktif dan berperan langsung dalam pembelajaran sehingga anak akan lebih berkesan dan lebih bermakna.

2. Memberikan pengalam secara langsung (otentik)

Pembelajaran terpadu memberikan pengalaman secara langsung bagi anak yang berkaitan dengan mata pelajaran,. Anak berinteraksi secara langsung dengan sebuah tema yang diangkat dalam pembelajaran. Tema tersebut bersumber langsung dari lingkungan sekitar anak sehingga anak akan merasa senang karena berdasarkan dengan pengalaman yang pernah dialaminya.

3. Pemisahan bidang studi yang tidak terlalu jelas

Pembelajaran terpadu adalah pembelajaran yang mengaitkan dari sebuah tema atau topik dengan mengaitkan beberapa mata pelajaran. Namun dalam pemisahan mata pelajaran tidak terlalu jelas, dan pembagian porsi tiap mata pelajaran diusahan sama antara mata pelajaran yang satu dengan mata pelajaran yang lain.

4. Menyajikan berbagai konsep bidang studi dalam mata pelajaran

Pembelajaran terpadu menggunakan sebuah tema untuk mengawali pembelajaran, sehingga memiliki banyak konsep-konsep yang terdapat dalam mata pelajaran.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline