Lihat ke Halaman Asli

Nayla I. Hisbiyah

🎓 2021. Dalam pengabdian.

Waspada Mulanya Makanan Favorit Ujungnya seperti Muncul Gejala Phobia

Diperbarui: 7 November 2021   17:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi bosan makanan tertentu. popmama.com

Pernahkan anda merasakan makanan yang benar-benar lezat? Lalu, apa yang terjadi setelahnya? Yah, sering kali manjadi ketagihan.

Mau itu lagi, dan lagi. 

Ketagihan ada yang mengartikan bersinonim dengan kata kecanduan, yaitu kondisi tubuh yang dipengaruhi pikiran yang menjadikan seseorang menginginkan apa yang menjadi favoritnya secara terus menerus  hingga merasa puas setelah mendapatkan apa yang diinginkannya.

Hal tersebut bisa terjadi pada seseorang yang menyukai makanan atau minuman tertentu.

Penulis memiliki pengalaman saat ia benar-benar memfavoritkan ayam tepung krispi. Berkali-kali ia memakan ayam krispi. Setiap ada kesempatan bertemu ayam krispi ia selalu tergiur.

Sekali makan terasa enak, kedua masih ingin nambah, ketiga masih enak, dan keempat mulai berbeda rasa, dan seterusnya masih suka saja. Hingga suatu ketika kebosanan melanda. 

Jangan kan menyentuh lalu menyomotnya, mencium baunya saja sudah pusing dan merasa perut penuh saat melihatnya. Seperti phobia saja.

Sebenarnya apa yang terjadi? Apakah itu suatu bentuk kebosanan?

Senada dengan problem ini teringat dengan hukum pemuasan kebutuhan yang dikemukakan oleh ahli ekonomi Jerman, Hermann Heinrich Gossen atau yang disebut Hukum Gossen 1, bahwa jika pemuasan keperluan pada suatu jenis benda dilakukan secara terus menerus maka kenikmatan akan berangsur-angsur berkurang hingga akan mencapai suatu kejenuhan.

Mudahnya, sekali makan terasa enak, kedua lebih enak, ketiga masih enak, dan keempat mulai merasa aneh bahkan enggan melihatnya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline