Lihat ke Halaman Asli

Nadhifa AR

Mahasiswa

Gunung Kunci, Salah Satu Destinasi Wisata Sejarah yang Ada di Sumedang

Diperbarui: 23 September 2022   18:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok Pribadi

Sumedang merupakan sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Ibu kotanya adalah Kecamatan Sumedang Utara, sekitar 45 km Timur Laut Kota Bandung. Kota ini juga terkenal akan destinasi wisata dan kulinernya, salah satunya wisata Gunung Kunci dan an kuliner yang terkenal yaitu Tahu-Nya yang sangat gurih dan enak.

Kabupaten Sumedang terdiri dari 26 kecamatan, 7 kelurahan, dan 210 desa. Kabupaten ini memiliki sejuta pesona dan panorama alam yang menakjubkan dan masih banyak keindahan alamnya yang tersembunyi, sehingga masih banyak orang yang belum mengetahui akan keindahan dan tempat keren yang ada di kabupaten ini.

Sumedang mempunyai banyak spot foto wisata keren, mulai dari situs budaya, situs bersejarah, spot foto kekinian baik alam maupun buatan, sampai air terjun yang sangat memanjakan mata dan wajib para wisatawan untuk explore keindahan kabupaten ini. Salah satu situs bersejarah yang ada di Sumedang yaitu Gunung Kunci.

Gunung Kunci merupakan sebuah gunung kecil yang berada di bagian barat wilayah kota Sumedang. Gunung kunci ini dikenal juga dengan nama Gunung Panjunan, nama gunung kunci berasal dari sebutan Belanda untuk tempat pertahanan yang berupa benteng besar dan terbagi menjadi tiga bagian atau tiga lantai.

Benteng pertahanan ini sengaja dibangun oleh penjajah Belanda pada tahun 1914 sampai dengan 1917 pada masa pemerintahan Gubernur Jendral Van Limbrug Strium dan diresmikan pada tahun 1918. Pada awal tahun 1900-an,lahan yang memiliki luas 2.600 meter persegi milik seorang bangsawan Sumedang ini dibeli oleh penjajah Belanda.

Kemudian oleh penjajah Belanda kawasan yang berupa dataran ini diubah menjadi benteng pertahanan yang dilengkapi dengan ruang bawah tanah, ruangan bawah tanah ini berukuran kurang lebih 450 meter persegi yang berfungsi sebagai bungker.

Saat ini, benteng pertahanan di Gunung Kunci menjadi bagian dari Taman Hutan Rakyat (Tahura) Gunung Palasari dan Gunung Kunci. Sehingga bisa dikunjungi dengan lokasi tujuan wisata, terutama untuk para wisatawan yang menyukai destinasi-destinasi wisata sejarah. Untuk para wisatawan yang ingin mengunjungi wisata Gunung Kunci ini pengunjung hanya diharuskan membayar tiket masuk seharga Rp 3.000 per orang. Cukup murah untuk berlibur di alam yang segar dan melihat bangunan peninggalan sejarah penjajahan Belanda ini. Yuk beriwisata ke Sumedang




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline