Lihat ke Halaman Asli

MUTIAH SOLIHAH

MAHASISWA UPI

KKN Tematik UPI 2021: Pemanfaatan Google Classroom dalam Pembelajaran PJOK di Masa Pandemi pada Siswa SMAN 15 Bandung

Diperbarui: 4 Agustus 2021   12:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Pandemi COVID-19 merupakan krisis kesehatan yang pertama dan terutama di dunia. Hal ini berimbas pada penutupan sekolah, perguruan tinggi dan universitas dibeberapa negara. Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menjadi gusar dengan adanya fakta tersebut. Organisasi Internasional yang bermarkas di New York, AS, itu menangkap bahwa salah satu sector yang terdampak oleh pandemi virus corona adalah sector pendidikan. Parahnya lagi, hal itu terjadi dalam tempo yang cepat dan skala yang luas. Berdasarkan laporan ABC News 7 Maret 2020, puluhan negara menutup sekolah dikarenakan wabah covid 19. Menurut data Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan PBB (UNESCO), setidaknya terdapat 290,5 juta siswa di seluruh dunia yang aktivitas belajarnya menjadi terganggu akibat sekolah yang ditutup (Purwanto, dkk., 2020).

Karena dengan adanya pandemi Covid-19 maka terjadi sebuah kekacauan khususnya dalam bidang pendidikan, sekolah-sekolah diliburkan, kegiatan belajar mengajar di sekolah menjadi terganggu, pembelajaran yang awalnya dilakukan secara tatap muka untuk sementara tidak bisa dilakukan.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut Kemendikbud mengeluarkan surat edaran No 4 tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran corona virus disease (Covid-19) yang salah satu isinya adalah belajar dari rumah dengan kegiatan pembelajaran secara daring atau jarak jauh. Maka selama pandemi Covid-19 berlangsung, setiap sekolah melaksanakan kegiatan pendidikan dengan pembelajaran jarak jauh.

Belajar daring (online) ini dituntut untuk mencapai tujuan yang sama dengan belajar luring yaitu untuk mencapai pembelajaran yang efektif. Pembelajaran yang efektif adalah proses belajar mengajar yang bukan saja terfokus kepada hasil yang dicapai peserta didik, namun bagaimana proses pembelajaran tersebut menjadi efektif dan mampu memberikan pemehamaan yang baik, serta dapat memberikan perubahan perilaku dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari (Pransetyapri, Salim, & Supriadi, 2018).

Salah satu media pembelajaran daring yang saat ini sedang berkembang dan mulai digunakan adalah Google Classroom adalah aplikasi khusus yang digunakan untuk pembelajaran darng yang dapat dilakukan dari jarak jauh sehingga memudahkan guru untuk membuat, mengelompokan dan membagikan tugas selain itu guru dan siswa bisa setiap saat melakukan kegiatan pembelajaran melalui ruang kelas Google Classroom dan siswa nantinya juga dapat belajar, menyimak, membaca dan mengirim tugas dari jarak jauh.

Dalam penggunaan aplikasi Google Classroom berisi layanan dan layanan lainnya, salah satunya dalam penggunaan Google Classroom dapat mengirimkan tugas berbentuk dokumen, photo, dan video pembelajaran kepada siswa yang berkaitan dengan tema berapa yang dikerjakan. Melakukan setiap penilaian dari tugas apa yang telah diberikan oleh guru, interaksi yang lancar antara guru dan siswa didalam kolom komentar, siswa -- siswa juga bisa melakukan absen setiap pembelajaran dimulai, dan siswa mengirimkan tugas yang telah selesai dilaksanakan dan itupun nanti tersimpan di Google Drive dan tersusun rapi. Hal ini dapat dijadikan sebagai media pembantu pembelajaran Daring, karena Google Classroom memiliki berbagai kelebihan dalam menciptakan pembelajaran yang mudah untuk digunakan dan untuk pengiriman tugasnya menjadi sistematis.

Adanya pandemi covid-19 ini membuat kegiatan pembelajaran dilakukan di rumah (online). Media Google Classroom dijadikan sebagai media yang sering digunakan dalam pembelajaran PJOK di kelas XI MIPA SMAN 15 Bandung.  tingkat efektivitas media Google Classroom dalam pembelajaran PJOK yang ditijau dari empat indikator. Dari keempat indikator seluruhnya menunjukkan  efektif yaitu segi kualitas pembelajaran, segi kesesuaian tingkat pembelajaran, Segi insetif,  dan segi waktu. media Google Classroom dalam pembelajaran PJOK kelas XI MIPA SMAN 15 Bandung efektif dan bermanfaat.Adanya pandemi covid-19 ini membuat kegiatan pembelajaran dilakukan di rumah (online). Media Google Classroom dijadikan sebagai media yang sering digunakan dalam pembelajaran PJOK di kelas XI MIPA SMAN 15 Bandung. Adapun hasil penelitian dari tingkat efektivitas media Google Classroom dalam pembelajaran PJOK yang ditijau dari empat indikator. Dari keempat indikator seluruhnya menunjukkan  efektif yaitu segi kualitas pembelajaran, segi kesesuaian tingkat pembelajaran, Segi insetif,  dan segi waktu. 

Dok. pribadi




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline