Lihat ke Halaman Asli

Mukmin

Jurnalis

Indonesia Pernah Bantai Vietnam 3-0 di AFF 2004, Semoga Kenangan Ini Terulang Lagi

Diperbarui: 9 Januari 2023   16:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Laga Vietnam vs Indonesia akan digelar di My Dinh Stadium, Senin (9/1). Foto: Getty Images.

Timnas Indonesia pernah memiliki catatan bagus yaitu membantai Vietnam 3-0 di Stadion My Dinh pada Piala AFF 2004. Publik Indonesia berharap kenangan manis itu terulang lagi di laga semifinal leg II yang akan digelar hari ini, Senin (9/1) di kandang Vietnam.

Berbekal hasil imbang 0-0 pada leg I, Timnas Indonesia berkunjung ke Vietnam untuk melakoni laga semifinal leg II Piala AFF 2022. Skuad Garuda hanya butuh hasil imbang dengan gol minimal 1-1 untuk memastikan lolos ke final.

Meski demikian, tim asuhan Shin Tae Yong tetap ingin meraih kemenangan untuk memastikan tiket menuju final Piala AFF 2022 berada di tangan Indonesia.

Timnas Indonesia memiliki kenangan indah saat mengalahkan Vietnam di fase grup Piala AFF 2004. Momen kemenangan Indonesia itu terjadi pada 11 Desember 2004 di Stadion My Dinh, Hanoi, Vietnam.

Saat itu Skuad Garuda sukses membantai Vietnam 3-0 tanpa ampun. Masing-masing gol diciptakan oleh Muhammad Mauly Lessy (81'), Ilham Jayakesuma (45') dan Boaz Solossa (21').

Gol tandukan Mauly Lessy tercipta usai memanfaatkan tendangan penjuru Boaz Solossa. Sedangkan gol Ilham dan Boaz terjadi melalui tembakan keras dari luar kota penalti.

Sepanjang sejarah sepak bola, Vietnam dan Indonesia sudah 26 kali bertemu di semua ajang. Timnas Indonesia mempunyai catatan lebih baik dengan meraih delapan kemenangan, sedangkan Vietnam mampu membukukan tujuh kemenangan atas Indonesia.

Dari 26 kali pertemuan Indonesia dan Vietnam, sebelas di antaranya terjadi di ajang Piala AFF. Dalam rekor pertemuan itu, Indonesia sukses meraih tiga kemenangan atas Vietnam.

Sementara, Vietnam baru mencatatkan sekali kemenangan atas Indonesia di Piala AFF dan tujuh pertandingan lainnya berakhir imbang.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline