Lihat ke Halaman Asli

Muhammad Arif Arofah ST MT IPP

S2 Tek. Sipil Transportasi Universitas Trisakti (2022 - 2024) | S1Teknik Sipil BINUS University (2016 - 2020)| Highway and Transport Engineer | IG @arifarofah | muhammadarifarofah@gmail.com

Bagaimana Cara Mengapresiasi Seseorang yang Sudah Selesai Presentasi? Coba Ikuti 3 Cara Ini!

Diperbarui: 11 September 2022   11:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sunber Gambar : freepik/wavebreakmedia_micro

Hai Kompasianers! Bagaimana cara mengapresiasi seseorang yang sudah selesai presentasi? Yuk ikuti 3 cara ini versi penulis, supaya kamu bisa belajar menghargai pencapaian orang tersebut:

1. Beri Pujian yang Tulus

Sumber Gambar : Freepik/katemangostar

Pujian bisa kamu beri terhadap orang tersebut baik secara kontak fisik atau hanya berupa ucapan lisan. Contoh dari kontak fisik yaitu berjabat tangan, menepuk bahu, atau bahkan memeluknya. Adapun untuk ucapan lisan berupa ucapan selamat yang dapat kamu tambahkan dengan senyum terbuka lebar. Dalam beberapa kesempatan seperti selesai sidang skripsi, kamu juga bisa memberikan bingkisan kado sederhana untuk orang tersebut.

2. Sertakan Alasan Memberi Pujian

Sumber Gambar : Freepik/DrazenZigic

Pujilah secara tulus hal yang benar - benar kamu sukai terhadap orang tersebut. Misalnya pemaparan materi yang mudah dipahami, pakaian yang rapih, menjawab pertanyaan dengan mudah, dan sejenisnya. Hal tersebut bisa menqmbqh semangat dan kepercayaan diri. Selain itu, pertemanan kalian juga menjadi semakin hangat dan harmonis.

3. Lanjutkan dengan Pertanyaan

Sumber Gambar : Freepik/DCStudio

Setelah memberi pujian, kamu dapat melanjutkan nya dengan memberi pertanyaan sederhana yang berkaitan dengan pujian tersebut. Misalnya "Wah bagus sekali presentasi kamu tadi lancar sekali seperti orang yang tidak gugup, seperti apa persiapan nya?". Dengan kamu bertanya, maka orang tersebut beranggapan bahwa kamu begitu peduli dan perhatian secara tulus.  

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline