Lihat ke Halaman Asli

Muhamad Sultan Khabibi

UIN Walisongo Semarang

Tokopedia Dulu Diremehkan Sekarang Diperhitungkan

Diperbarui: 16 Juni 2022   19:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Kalian pasti sudah tau Tokopedia marketplace terbesar di indonesia yang menghubungkan pembeli dan penjual dalam bertransaksi jual-beli secara online, iklannya sering muncul di mana-mana mulai dari televisi hingga di smartphone kita serta banyak sekali orang yang menggunakan aplikasi karya anak bangsa tersebut.

Pada awal dibuatnya aplikasi ini yaitu pada tahun 2009 hanya sedikit orang yang mau menggunakan aplikasi belanja online ini, ada beragam alasan mulai dari isu kepercayaan, mutu barang yang kurang terjamin, dan resiko kehilangan uang atau barang yang sudah dikirim. Namun lambat laun semua orang mulai dapat merasakan manfaat dari menggunakan aplikasi Tokopedia yang terjadi mulai pada pertengahan tahun 2010 dan mulai sejak itu perkembangan serta pengguna aplikasi marketplace salah satu yang terbesar di Indonesia ini pun tumbuh dengan sangat signifikan pesatnya.

Timbul pertanyaaan apa kelebihan yang didapatkan oleh pengguna Tokopedia ini ? Mengapa mereka dapat menaruh kepercayaan kepada aplikasi yang bisa saja bermasalah dan menimbulkan kerugian bagi mereka ?

Sistem aplikasi yang diterapkan Tokopedia adalah salah satu alasan orang-orang mulai berbelanja online, karena dinilai simpel dan mudah dipahami. Hal tersebut sesuai dengan pernyataan Kusuma dan Susilowati (2007) mengungkapkan bahwa intensitas penggunaan dan interaksi antara pengguna dengan sistem juga dapat menunjukan kemudahan penggunaan. Suatu sistem yang sering digunakan menunjukkan bahwa sistem tersebut lebih dikenal, lebih mudah dioperasikan, dan lebih mudah digunakan oleh penggunannya.

Orang-orang tak perlu repot berkendaraan lama hingga menemukan barang yang mereka cari. Harga pun menjadi salah satu alasan utama mengapa banyak orang berbelanja secara online karena Tokopedia sering memberikan banyak diskon tiap bulannya yang tentunya akan menarik perhatian konsumen.(Alwafi & Magnadi, 2018)

Terakhir dan yang tak kalah penting adalah dari segi waktu, tidak semua orang dapat menyisihkan banyak waktu mereka untuk mendapatkan barang yang mereka butuhkan, alhasil mereka lebih suka membuka Tokopedia untuk mencari kebutuhan yang mereka cari yang tentu tidak menyita banyak waktu mereka. Hal itu dikarenakan begitu beraneka ragamnya produk yang ditawarkan di Tokopedia mulai dari kebutuhan pokok sehari-hari, produk kecantikan, bahkan sampai produk khusus seperti hobi dan barang-barang yang tak pernah dibayangkan di pikiran konsumen pun dapat ditemukan di Tokopedia.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline