Lihat ke Halaman Asli

Mudjilestari

Author motivator and mompreneur

Pesan dari Puncak Sumbing

Diperbarui: 12 Agustus 2022   09:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Aku mengambil jeda dengan napas terengah. Tahun kemarin aku berhasil menahlukkan Gunung Slamet meski dengan perjuangan yang tidak mudah. Tenaga dan phisik telah dimakan usia. Meski penampilan boleh dipulas beberapa tahun lebih muda, tapi kekuatan tak bisa berbohong. 

Apalagi sehari-hari aku lebih banyak bekutat dengan naskah dan laptop ketimbang pekerjaan yang menggunakan phisik, dan itu cukup berpengaruh pada ketahanan kekuatan otot yang tak mau berkompromi untuk melakukan pendakian setinggi ini.Untuk bisa sampai di pos 3 Pestan Gunung Sumbing  melalui  Garung hanya butuh waktu sekitar 30 menit. 

Namun, untuk sampai di Pos 3 harus melalui tanjakan yang paling curam sebelum sampai di Pestan yang merupakan tanah datar cukup luas. Biasanya di pos 3 ini bisa menampung puluhan tenda. Para pendaki banyak yang mendirikan tenda disini, tapi pendaki juga harus berhati-hati karena di sini rawan badai dan kondisi lokasi tanpa pelindung apapun seperti pepohonan atau batu besar.

Setelah beristirahat beberapa menit setelah mendirikan tenda, Dio menoleh padaku sambil menyorongkan botol air mineral yang tinggal separuh.

"Gimana ... lanjut?" tanya Dio.

"Lanjut nggak, Ti?" Restu menoleh padaku menanti jawaban.

"Oke, lanjut," jawabku mantap.

"Yakin?" Restu meyakinkan.

"Insya Allah," jawabku sambil melangkah mendahului mereka. Kedua laki-laki yang setia menemani setiap pendakian sejak aku masih SMA itu mengekor di belakangku.

Jalur pendakian gunung Sumbing via Garung, merupakan jalur paling favorit bagi para pendaki, karena akses menuju basecamp tidak sulit ditemukan. Jarak basecam hanya 1 kilometer dari jalan utama Temanggung-Wonosobo dengan trek yang cukup menantang. Pemandangannya jangan ditanya. Para pendaki akan dimanjakan dengan hamparan lembah yang  sangat menakjubkan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline