Lihat ke Halaman Asli

H. Muchtar Bahar

Ingin hidup lebih lama untuk berbagi

Dua Dasawarsa IKBAL dan YPMUI

Diperbarui: 25 Mei 2022   13:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi pribadi dan SMP IT Al Muttaqiin, Bogor

Yayasan Pembangunan Masyarakat Utama Indonesia (YPMUI) tahun ini memasuki dua dasa warsa, hadir, untuk mengabdi pada masyarakat sekitar di Perantauan dan Ranah Minang. Inisiatif berdirinya YPMUI adalah Karena organisasi payungnya Ikatan Alumni Keluarga Besar  Angkatan Muda Muhammadiyah Sumatera Barat (UKBAL AMM Sumbar Jaya)  yang bermukim di Jabodetabek, memerlukan institusi pelaksana kegiatan.

Pada tanggal 26 September 2001, 8 Rajab, 1422 H, didirikan lah IKBAL AMM Sumbar Jaya yang kemudian di deklarasikan dengan  sebutan  "Deklarasi Lido", 11 Januari, 2002.  Lido berada di Perumahan Lido Permai, Desa Ciburuy, Kabupaten Bogor, tempat berlangsung nya serangkaian pertemuan alumni Angkatan muda Muhammadiyah yang Berada di Jakarta. 

Tempat deklarasi ini adalah pondokan keluarga, yang lebih banyak dimanfaat kan oleh sahabat LSM dan organisasi nir laba, seperti IKBAL AMM Sumbar Jaya dan jaringan advokasi dan pemberdayaan masyarakat.

Pencetus dan deklarator sudah banyak yang dipanggil Illahi Rabby, diantara nya alm H.Syahruji Tanjung (Anggota DPR RI), alm. Ir.H Yanuar Muin (Mantan anggota DPR RI) dan alm. Hasnim Fadhly Hasan (Dosen UIN Jakarta), Almh. Hj. Suharti Muchtar, MM (Pendidik), Alm H Rusman Amra (jurnalis), alm H Suhairy Ilyas (Dai dan Majlis Tarjih  PP Muhammdiyah), alm H Syahminan Lubis (Pendidik), almh Hj. Salmiyati Muchtar (Dai), Alm Suhelmi Nawawi (Da'i) dan banyak lagi yang lain.

Diantara pendiri IKBAL AMM Sumbar Jaya dan YPMUI yang masih diberikan karunia umur panjang adalah Hj. Yulna MM, H. Yulianto SH, MH, Drs. Farhan Mu'in Dt. Bagindo, H Albazar M Arif, Prof. Zuriati, Dr. Hj.Isnawati Rais, MA, Prof, Dirwan, Prof. Masri Mansyur, H Agusri Said, S.Sos, H Lahmudin Noor,  Hj. Emniyati Muchtar MM, Dra. Hj. Yunetty, Hj.Wesnima. ST, H.M Yusuf Sisus, M.Si, Ir.H Taufik Bey, Hj. Dra. Ermawati, Dra.Hj. Sri Aswati, MM, serta puluhan alumni Angkatan Muda Muhammadiyah yang aktif di organisasi Muhammadiyah di Sumatera Barat, sebelum merantau ke Jakarta.

Dalam ppertemuan Badan Pekerja IKBAL AMM Sumbar Jaya, 10 dan 11 Januari 20902 di Lido itu, dirumuskann Azas, Tujuan, Visi, Misi dan lingkup kegiatan nya. 

Adapun visi nya organisasi yang bersifat Keislaman, bercirikan "Adat bersendi Syarak, Syarak bersendi Kitabullah (ABS-SBK) bersifat terbuka, independen dan kekeluargaan.  Tujuan berdirinya berdirinya adalah  "Meningkatkan kualita alumni  Keluarga Besar Alumni Angkatan Muda Muhamadiyah di Jakarta dan sekitarnya dan berperan serta dalam Pembangunan Masyarakat di Sumatera Barat.

Kerangka acuan  itulah yang menjadi pijakan YPMUI sebagai pelaksana dengan landasan  visi "Terwujudnya persaudaraan dan persatuan serantau yang kuat yang professional dengan upaya membangun kebersamaan dan kesejahteraan bersama dalam rangka tercapai nya tujuan Muhammadiyah dan Pembangunan Nasiobal, baik di Ranah Sumatera Barat  maupun di rantau".

Seminar, diskusi, penerbitan, da'wah dan pendidikan adalah serangkaian kegiatan YPMUI sebagai pelaksana IKBAL AMM SUMBAR JAYA dengan visi demikian.  

Bidang pendidikan Sejak hampir dua puluh tahun yang lalu, dirintis Sekolah Menengah Dhu'afa yakni SMP IT Al Muttaqin yang berada di Desa Sukajadi, Kecamatan Taman Sari, Kabupaten Bogor. Awal berdirinya sekolah aini adalah dengan adanya wakaf dari Keluarga Pak Yanto (Tinggal di Kel. Pisangan, Ciputat), lahan dengan luas hampir 5.000.m2 dan sebuah masjid diatas nya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline