Lihat ke Halaman Asli

Gitar Sipoholon, Riwayatmu Sejak 1954

Diperbarui: 6 Februari 2019   15:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Proses penukangan Gitar Sipoholon di bengkel Bapak Kristian Hutagalung, di Jalan Balige-Tarutung, Desa Hutauruk, Kecamatan Sipoholon, Tapanuli Utara, Sumatera Utara. (Foto by Mora)

Berawal dari Kesal kepada Teman
Gitar telah akrab di masyarakat Batak sejak abad ke-18. Di Tapanuli Utara, Sumatera Utara ada beberapa rumah pengrajin gitar. Salah satunya dikenal dengan merk Gitar Sipoholon.

Bengkel Gitar Sipoholon tertua ada di Jalan Balige-Tarutung, Desa Hutauruk, Kecamatan Sipoholon, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara. Berdiri sejak tahun 1954 yang dirintis oleh almarhum Kahral Hutagalung.

Selain gitar, Kahral juga ahli membuat piano gereja atau disebut poti marende. Tak terhitung gitar karya tangannya yang sudah dipetik orang.

Bengkel itu dirintisnya sejak masih anak muda. Awalnya termotivasi karena rasa kesal kepada seorang teman yang menuntut gitarnya yang dirusak oleh Kahral harus diganti dengan gitar baru. Temannya itu tidak mau diganti rugi dengan uang.

Karena saat itu gitar masih jarang dan mahal. Makanya Kahral bertekad untuk dapat membuat sendiri gitar penggantinya.

Dengan basic keterampilan merakit senapan dan pernah dikirim ke Jepang untuk bekerja membuat senapan, Kahral pun mulai mencobanya.

Awalnya sangat sulit, berbagai cara dan jenis kayu dicoba. Tetapi masih gagal. Apalagi saat itu peralatan kerja masih tradisional. Bahkan listrik belum masuk ke kampung itu.

Alat yang digunakan serba manual, seperti pahat, gergaji, ketam, pengecatan, dan lainnya.

Setelah banyak percobaannya gagal, akhirnya dia berhasil. Kahral pun berani membuka bengkel pembuatan dan reparasi gitar dan poti marende.

Keterampilannya terus diasah. Beberapa tahun kemudian bengkelnya menerima orderan pembuatan biola, mandolin, keroncong, kecapi, seluring, kontra bass, serta servis senapan angin.

Sang maestro yang otodidak itu meninggal dunia pada tahun 2007. Selain pengrajin gitar, Kahral Hutagalung juga dikenang sebagai seorang veteran.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline