Lihat ke Halaman Asli

moh. romadlon

Penulis lepas dan penyuka buku

MEWASPADAI SERANGAN PENYAKIT SILENT KILLER

Diperbarui: 23 Juni 2015   22:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pada umumnya, suatu penyakit pasti ditandai dengan munculnya beberapa kondisi sebagai gejala. Namun, tidak pada penyakit-penyakit yang tergolong dalam silent killer, yaknitiap penyakit yang timbul hampir tanpa indikasi awal. Terlebih penyakit-penyakit mematikan tersebut sekarang sudah tidak pandang bulu. Tidak peduli berduit atau tidak. Meski sebenarnya, manusianya saja yang semakin ceroboh dan abai terhadap pentingnya sebuah kesehatan.

Hadirnya bukuini diharapkan menjadi bekal pengetahun sebagai langkah antisipasi sejak dini atas serangan penyakit mematikan tersebut.

Salah satu penyakit yang tergolong dalam silent killer adalah jantung. Serangan in terjadi karena terhentinya aliran darah ke jantung sehingga sebagian sel jantung mati. Pada umumnya, pada bagian dada penderita tiba-tiba terasa nyeri dan sesak selama beberapa menit. Hal itu disebabkan adanya penumpukan lemak atau karena hipertensi, diabetes mililitus, kolesterol tinggi, dll. Mewaspadai serangan jantung tak ada cara lain kecuali dengan menerapkan hidup sehat, rajin mengontrol kesehatan, tekanan darah, kolesterol, dan diabetes, serta tidak merokok, rajin olahraga, dan pintar mengelola stress. (hal.23-24)

Stroke juga tergolong penyakit silent killer. Penyakit ini timbul karena adanya gangguan pada aliran darah ke otak. Faktor resiko pada stroke terbagi menjadi dua, yakni faktor yang tidak dapat diubah, seperti jenis kelamin, umur, dan genetik; dan faktor yang bisa diubah, seperti hipertensi, jantung, diabetes mililitus, obesitas, dll. Sehingga, langkah waspada menghadapi stoke adalah mengendalikan faktor resiko dengan semisal berolahraga, berhenti merokok, meninggalkan minuman beralkohol dan obat-obatan terlarang. (hal.115-116)

Selain kedua penyakit mematikan itu, masih ada penyakit yang tergolong silent killer, seperti kanker, hipertensi, hepatitis, gagal ginjal, dll.

Tidak ada yang lebih bijak menghadapi penyakit tersebut selain waspada dengan selalu menganut pola hidup sehat dan memeriksakan kesehatan secara berkala.

·Cover koleksi pribadi

Data Buku

Judul Buku : Waspada Penyakit-Penyakit Mematikan Tanpa Gejala Menyolok

Penulis: Adi D. Tilong

Penerbit : Buku Biru

Cetakan: I, Maret 2014

Tebal: 166 halaman

Genre: Kesehatan

ISBN: 978-602-7968-50-9

Resensor : Moh. Romadlon. Penulis lepas. Tinggal di Kebumen




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline