Lihat ke Halaman Asli

Mochamad Syafei

TERVERIFIKASI

Menerobos Masa Depan

Setelah Jokowi Gagal 3 Periode

Diperbarui: 13 September 2021   07:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kompascom

Gagal utak atik amandemen, tidak membuat upaya memperpanjang kekuasaan Jokowi surut. Mereka masih terus berupaya memperpanjang kepentingan dirinya melalui perpanjangan kekuasaan Jokowi. 

Tak elok rasanya jika masa kekuasaan presiden diamandemen menjadi 3 periode hanya demi nafsu segelintir orang belaka. Maka, penentangnya semakin solid agar jangan sampai terjadi. 

Hanya saja, percobaan itu dilakukan melalui jalur lain. Alasan covid dipergunakan untuk memperpanjang kekuasaan Jokowi tanpa harus melalui pemilu. 

Ya, Pemilu akan diutak atik waktunya sehingga menjadi mundur. Bukankah sikap demikian juga tak elok? 

Kita semua harus menentangnya. Pemilu harus tetap dilakukan sesuai jadwal. Tak ada kata dimundurkan. Apalagi dengan sebab yang dibikin bikin belaka. 

Setelah sepuluh tahun Jokowi berkuasa, memang banyak juga yang menumpang hidup di dalamnya. Bahkan mulai menggurita. 

Pergantian presiden jelas akan menggangu kepentingan mereka. Ibarat sejarah, kita kita sudah mengalami dua kali. Soekarno yang kelamaan duduk di kursi itu berakibat pada tak jalannya pembangunan negeri. Demikian juga dengan Soeharto yang terpaksa harus dimundurkan karena sudah terlalu otoriter. 

Lahirnya pembatasan masa kekuasaan presiden memang untuk mengindari pengulangan sejarah kelam. Tapi, terlalu banyak nafsu yang enggan belajar. 

Pembatasan masa kekuasaan presiden akan membawa perubahan yang berkesinambungan. Tak ada lagi yg menegang kekuasaan terlalu lama. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline