Lihat ke Halaman Asli

Misbah Murad

"Tidak ada sekolah menulis; yang ada hanyalah orang berbagi pengalaman menulis."- Pepih Nugraha, Manager Kompasiana. chanel you tube misbahuddin moerad

Asyiknya Main ke Lamin di Samarinda

Diperbarui: 22 Februari 2019   09:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dok pribadi

Sebagai seorang penduduk asli Samarinda, tentunya apabila ada kerabat dari luar daerah yang datang, selalu ingin menemani, akan membawa ketempat-tempat special, khas daerah, begitupun kalau aku berkunjung, ke hampir seluruh Indonesia, selalu di ajak kawan-kawan, mengunjungi tempat-tempat khas, makanan khas, dan terakhir tentunya souvenir-souvenir daerah tersebut.

Kali ini giliran aku sebagai tuan rumah, sebagian kawan-kawan agak tersinggung emang, dan sebagian lagi ada yang teriak "asyiiikkk" .

Aku sampaikan malam ini, kita makan "Soto Banjar" dan setelah itu kita mengelilingi kota Samarinda, baru kita main "Ke-Lamin", ya bener, ada yang senang dan ada yang tersinggung, sengaja saya tidak menjelaskan lagi arti ke-lamin.

Lamin adalah sebuah rumah panjang berbahan kayu, buatan suku Dayak, pada saat ini sudah tidak banyak lagi kita melihat rumah asli suku Dayak ini, namun hampir di semua Kalimantan (baik Timur, Utara, Selatan, Barat, Tengah) Pemerintah Daerah membuat satu bangunan ini, agar tidak hilang di telan waktu.

Saya mengajak kawan-kawan ke Lamin Etam adalah Pendopo Kantor Gubernur Samarinda, "Lamin Etam" artinya "Rumah Kita"  itu diambil dari Bahasa "Dayak"

dok pribadi


Sayangnya waktu yang ada terbatas, sehingga saya tidak berkesempatan membawa para sahabat untuk melihat Rumah Asli suku Dayak tersebut, karena kalau di Samarinda jaraknya lumayan jauh, begitu juga kalau dibawa ke Kutai barat, atau ke Kutai Kartanega, biarlah mereka melihat nya dari medsos saja, atau ada kunjungan berikutnya ke Samarinda.

Seneng sekali, saya dapat mengajak  kawan-kawan perwakilan seluruh Indonesia, bermain "Ke- Lamin" di Samarinda.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline