Lihat ke Halaman Asli

Mira Pebriani

Aquaculture Student Of Padjadjaran University

Analisis Pemasaran Bandeng Presto

Diperbarui: 5 November 2021   12:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Oleh

Junianto (1)  dan Mira Pebriani (2) 

(1)  Dosen Departemen Perikanan_UNPAD

(2)  Mahasiswa Program Studi Perikanan _ UNPAD

Ikan bandeng merupakan ikan yang  dibudidayakan di perairan air payau yang  memiliki nilai gizi tinggi. Ikan bandeng kaya  akan protein serta omega 3 dan sangat bagus untuk masa pertumbuhan. Olahan ikan  bandeng sangat beraneka ragam. Ikan bandeng termasuk ikan yang banyak durinya,  sehingga alternatif olahan ikan bandeng lainnya adalah ikan bandeng duri lunak atau pengolahan ikan bandeng tanpa duri.

Ikan bandeng presto salah satu makanan yang digemari karena duri-duri ikan menjadi sangat lunak dan rasanya tidak terlalu asin.  Dalam pembuatannya, ikan bandeng diawetkan dengan mengukus atau merebus dalam lingkungan beragam dan bertekanan normal dan bertujuan untuk menghambat aktivitas atau membunuh bakteri pembusuk maupun aktivitas enzim (Afrianto dan Liviawaty, 1995).

Sudah banyak strategi untuk mencapai hasil penjualan yang tinggi dan telah ditempuh para pengolah bandeng presto, demi memiliki daya saing, Strategi  pemasaran hal penting untuk mencapai tujuan perusahaan melalui pasar yang dimasuki dan program pemasaran yang dipergunakan untuk  melayani pasar sasaran tersebut. Pemasaran merupakan suatu sistem bisnis yang terdiri dari kegiatan perencanaan, penentuan harga, promosi, serta pendistribusian produk yang dapat memuaskan keinginan dan jasa, baik kepada konsumen saat ini maupun konsumen potensial.

Kebutuhan konsumen akan produk Ikan Bandeng Presto  termasuk ke dalam kebutuhan fisiologis, karena konsumen membutuhkan Ikan Bandeng Presto  untuk kelangsungan hidupnya. Selain itu bandeng presto juga dijadikan oleh-oleh para konsumen untuk diberikan kepada orang terdekatnya.

Ikan bandeng presto memiliki targer pasar kepada konsumen yang bersifat konsumtif dimana ikan bandeng presto dipasarkan secara online. Ikan bandeng presto bisa dinikmati oleh kalangan anak-anak sampai dengan dewasa dan lansia. Ikan bandeng presto dibeli dengan pendapatan konsumen golongan menengah dan menengah keatas. Ikan Bandeng presto dapat pula dipasarkan di kota-kota besar seperti  Bandung, Jakarta,  Medan dan kota besar lainnya di Indonesia.

Subtitusi produk Ikan bandeng presto adalah perusahaan yang memasarkan produk presto dengan bahan dasar selain bandeng, ada dua produk substitusi yang telah ditemukan yaitu Ikan Mas presto dan ikan nila presto. Jumlah rival yang menjual Ikan bandeng presto kebanyakan berasal dari kabupaten pati dengan total jumlah perusahaan dan UKM sebanyak 34. Yang menjadi Pendatang baru produk presto ikan bandeng rata-rata adalah Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di jawa barat dengan jumlah melebihi 10 usaha.

Bentuk pasar dari produk Ikan bandeng presto merupakan pasar persaingan sempurna dengan ciri utama terdapat banyak penjual dan pembeli serta pembeli maupun penjual mempunyai informasi yang lengkap mengenai pasar.  

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline