Lihat ke Halaman Asli

Mimin Triana

Mahasiswa

Filsafat Pancasila

Diperbarui: 18 Desember 2022   22:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Filsafat adalah pengetahuan dan penyelidikan dengan akal budi mengenai hakikat segala yang ada, sebab, asal, dan hukumnya.

 Filsafat Pancasila memiliki arti bahwa penggunaan nilai-nilai pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bernegara.

Pencetus filsafat Pancasila adalah presiden pertama republik Indonesia yaitu  Soekarno  ia menyampaikan ide serta gagasannya terkait dasar negara Indonesia, yang dinamai "Pancasila". Panca artinya lima, sedangkan sila artinya prinsip atau asas.

Pembahasan pancasila secara filsafat adalah membahas makna dan pengertian yang sedalam-dalamnya.Termasuk memahami apa yang ada dibalik makna Pancasila dan pengetahuan terhadap Pancasila sebagai suatu kesatuan, yang memiliki sistem pemikiran rasional, sistematis, terdalam dan menyeluruh.

 Kajian dalam seistem filsafat Pancasila meliputi

 1.Kajian Ontologi

Ontologi adalah ilmu tentang "ada", terkait dengan "ada"-nya Pancasila atau hakikat keberadaannya yang memberi jawaban terhadap pertanyaan "apa" (what).

2. Kajian Epistemologi

Epistemologi adalah ilmu tentang "cara berada", terkait dengan bagaimana cara Pancasila berada, yang memberi jawaban terhadap pertanyaan "bagaimana" (how).)

3.kajian aksiologi

Aksiologi adalah ilmu tentang penerapan, aplikasi, manfaat atau kegunaan..

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline