Lihat ke Halaman Asli

Merza Gamal

Pensiunan Gaul Banyak Acara

Tantangan Transformasi Insan Perusahaan

Diperbarui: 24 Desember 2021   11:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi transformasi digital.| Sumbe: Shuttertock/Billion Photos via Kompas.com

Saat perusahaan berusaha menjalani perubahan digital sebagai inti dari transformasi Revolusi Industri 4,0, mereka menghadapi tantangan. Perubahan transformasional pada dasarnya sulit, yang meminta insan perusahaan untuk mengubah cara-cara tradisional dalam melakukan sesuatu dan keluar dari rutinitas yang nyaman dan akrab.

Terdapat empat tantangan utama transformasi bagi insan perusahaan, yaitu sebagai berikut:

Pertama, Meningkatkan kemampuan teknis dan kepemimpinan

Untuk perusahaan manufaktur, transformasi di seluruh papan adalah tugas yang kompleks karena memerlukan perubahan pada dua tingkat yang luas, meskipun terkait, cukup berbeda. 

Diawali dengan adanya keterampilan teknis langsung. Setiap insan mulai dari operator dan teknisi tingkat toko hingga manajer menengah hingga pemimpin senior dihadapkan dengan alat digital baru yang menarik mulai dari aplikasi dan perangkat lunak baru hingga perangkat IoT. 

Menguasai teknologi tersebut membutuhkan pengetahuan konten baru (mengetahui apa yang harus dilakukan dan bagaimana melakukannya) dan mengembangkan pemahaman (kapan melakukannya dan mengapa).

Selain meningkatkan kemampuan teknis, terdapat kategori pembelajaran penting lainnya, yakni: keterampilan kepemimpinan baru. Para pemimpin di setiap level, mulai dari lantai pabrik hingga C-suite, menghadapi tantangan untuk mempelajari cara mengatur, berkomunikasi, mendelegasikan, memfasilitasi, dan mengelola tempat kerja dan tenaga kerja yang mengalami transformasi teknis. 

Di tengah perubahan substansial apa pun, muncullah unsur-unsur manusiawi dari stres, ketidakpastian, dan, seringkali, bahkan ketakutan. Para pemimpin ditugaskan untuk mengarahkan orang-orang mereka melalui apa yang bisa menuntut dan adaptasi yang mengganggu.

Kedua, Kohort yang berbeda memiliki kebutuhan yang berbeda

Dalam satu perusahaan, terdapat berbagai peran yang beragam. Beberapa area organisasi mungkin memerlukan fokus yang cukup besar pada keterampilan praktis dan langsung, sementara yang lain akan membutuhkan lebih banyak penekanan pada teknik kepemimpinan dan manajemen. Selain itu, bahkan dalam kategori yang lebih luas ini terdapat banyak kelompok yang pekerjaannya terlihat sangat berbeda.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline