Lihat ke Halaman Asli

Marcellinus Vitus Dwiputra

Il Pellegrino e Il Ricercatore del mondo...

Asyiknya Keliling Museum Gratis di Kota Abadi

Diperbarui: 4 Februari 2020   03:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Castel Sant'Angelo. Foto: Dokumentasi Pribadi

Roma caput mundi est

Rome is the capital of the world

Peribahasa di atas kiranya bisa dipahami demikian. Roma adalah pusat (kepala) dunia. Jika hendak memahami dunia, datang dan lihatlah Roma. 

Sebagai Kota Abadi (La Citt eterna), kota Roma menyimpan, memelihara, dan menawarkan kepada "warga dunia" untuk mengenal "roh dan perjalanan sejarah" dari para leluhur yang pernah tinggal dalam beberapa peradaban sebelum menjadi seperti sekarang ini.

Domenica al Museo: Hari Minggu di Museum

Merupakan "gerakan, fasilitas dan kesempatan" yang diberikan pemerintah Italia untuk mengenal sejarah bangsa Italia. Setiap hari minggu pertama dalam bulan, semua museum sipil (Musei Civici) di seluruh Italia menggratiskan tiket masuk bagi para pengunjungnya. 

Bayangkan saja, pada hari biasa (selain hari Minggu pertama dalam bulan) biaya yang perlu dikeluarkan sebagai berikut: Colosseum dan Roman Forums (serta Bukit Palatino) sebesar 16/orang (Rp 240.000,-), sementara Castel Sant'Angelo sekitar 15/orang (Rp 228.000,-).

Kesempatan gratis ini tak ayal dimanfaatkan banyak pihak. Penduduk setempat pergi mengunjungi museum sipil bersama anggota keluarga yang lain. 

Para turis pun seperti tertimpa durian runtuh. Banyak turis tidak tahu menahu Domenica al Museo sehingga banyak yang terkejut ketika mendapati banyak museum dapat dimasuki tanpa mengeluarkan biaya sama sekali.

Jalan-jalan Gratis: Castel Sant'Angelo, Mercatino di Traiano, dan Foro Romano-Colosseo

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline