Lihat ke Halaman Asli

Suharyanto Mallawa

Pustakawan Perpusnas

Menghapus Dosa dengan Puasa #Seri 1 Ensiklopedia

Diperbarui: 17 Maret 2024   15:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri Ensiklopedia

Menghapus dosa dengan puasa #Seri 1 Ensiklopedia

Dapur Mallawa selama bulan Ramadan 1445 H selain menyajikan berita dan informasi seputaran tema puasa, kegiatan kantor, dan aktivitas sehari-hari, mulai hari ke enam dan seterusnya akan menyajikan informasi  dari buku Ensiklopedia Al-Qura'an dan hadis per tema. Buku ini merupakan satu-satunya buku di Indonesia yang menyajikan seluruh tema Al-Qur'an dalam satu buku. Buku diteribkan oleh Alita Aksara Media, Penerbit PT. Elex Media Komputindo, Kompas Gramedia.Cetakan pertama Austus 2011, Cetakan 2 Mei 2012, dan cetakan 3 Mei 2019.

Tema Pertama edisi Ramadan dengan judul "Menghapus dosa dengan puasa"  terdapat pada halaman 1177.

Al-Qura'an:

Sungguh,  laki-laki dan perempuan muslim, laki-laki dan perempuan mukmin,  laki-laki dan perempuan yang tetap dalam ketaatannya, laki-laki dan perempuan yang benar, laki-laki dan perempuan sabar, laki-laki dan Perempuan yang khusy, laki-laki dan Perempuan yang bersedekah, laki-laki dan perempuan yang puasa, laki-laki dan perempuan yang memelihara kehormatannya, laki-laki dan perempuan yang sering menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar (SQ. AlAhzab {33]:35).   

Hadis:

Siapa yang berpuasa Ramadhan dengan keimanan dan mengaharap pahala rida Allah , maka diampuni dosa-dosanya yang terdahulu (HR. Albukhari.

Makna yang dipetik adalah Puasa yang dilakukan dengan kekuatan keimanan dan semata-mata karena rida Allah maka akan mendapatkan ampunan dosa-dosa yang terdahulu dan pahala yang besar.

 

Cibinong, 17/03/2024. 14:59




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline