Lihat ke Halaman Asli

Mahfudz Tejani

TERVERIFIKASI

Bapak 2 anak yang terdampar di Kuala Lumpur

"Murangkek", Tapak Situs Sejarah Madura yang Terbiar

Diperbarui: 6 September 2021   18:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Keberadaan situs tapak sejarah kuno yang berada di dusun Nepa, desa Nepa, Kecamatan Banyuates, kabupaten Sampang, mengundang perhatian masyarakat umum.

Konon, situs tapak kuno ini ada kaitannya dengan peradaban awal masyakarat Madura. Merupakan peninggalan petilasan Dewi Bendoro Agung (Dewi Rorogung) dan putranya, yaitu Raden Segoro. 

Tapak sejarah seluas sekitar sehektar ini, tidak jauh dari lokasi Eko Wisata Hutan Kera Nepa. Hanya dibatasi oleh sebuah sungai, yang menjadi pintu masuk nelayan sejak dahulu kala. 

Di areal ini yang dipenuhi batu-batu yang  tersusun rapi ini, ada dua buah sumur berdampingan., Yaitu sumur laki-laki dan perempuan. Kedua buah sumur ini hanya berjarak setengah meter. Warga sekitar menyebutkan "Murangkek atau sumur se arangkek ( sumur yang saling berapit)"

Keberadaan situs sejarah ini bukan diketemukan baru saja, tapi sudah lama adanya dan terkesan dibiarkan. Karena menurut warga sekitar terkesan angker dan aura mistiknya cukup kuat.

Konon air kedua sumur itu dipercayai bisa menyembuhkan segala penyakit dan dipergunakan untuk keselamatan diri.  Kemudian juga, air tersebut dipercayai bisa merukunkan istri, bagi lelaki yang sedang berpoligami.

Pada Minggu lalu, organisasi kepemudaan desa Nepa dan para warga berinisiatif membersihkan areal tersebut. Karena terlalu kotor dan bambu-bambu di sekitarnya tumbuh semrawutan. Setelah itu dibangunlah pondok kecil, sebagai  tempat istirahat bagi orang yang datang ke areal ini.

Kemudian mereka merencanakan, agar setiap bulan sekali diadakan pengajian dan tahlilan. Agar areal bersejarah ini dapat dipantau, baik kerusakan dan kebersihannya.

***
Areal situs sejarah di atas tidak dapat dipisahkan dengan cerita rakyat tentang Raden Segoro dan ibunya (Dyah Cendrawati) Dewi Bendoro Agung. Cerita ibu dan anak yang dibuang kakeknya dari keraton, Prabu Gilingwesi raja Medang Kamulan.

Konon Dewi Bendoro Agung hamil tanpa suami, sebagai putri raja, tentunya ini tamparan dan sumber malu bagi kerajaan Medang Kamulan. Untuk menutupi hal tersebut, maka Prabu Gilingwesi memanggil patihnya, Patih Pranggulang agar membunuhnya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline