Lihat ke Halaman Asli

Rifatul Mahmudah

qur'an and hadith enthusiast.

Aplikasi Mengkhatamkan Al-Qur'an di Bulan Ramadhan

Diperbarui: 27 April 2022   11:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Dokpri

Ramadhan adalah waktu terbaik untuk berinteraksi dengan Al-Qur'an. Setiap bulan, Rasulullah selalu belajar Al-Qur'an kepada malaikat Jibril dan mengkhatamkannya.

Berinteraksi dengan Al-Qur'an sendiri memiliki macam bentuk seperti membaca, memahami, dan menghafal.

Saat ini, Al-Qur'an tidak hanya tersedia dalam bentuk tulisan di atas kertas. Perkembangan teknologi menghadirkan Al-Qur'an versi digital yang dapat dinikmati dari handphone.

Aplikasi Al-Qur'an banyak digandrungi masyarakat, terutama generasi muda karena lebih mudah dibawa ke mana saja dan tidak membutuhkan tempat khusus.

Mengkhatamkan Al-Qur'an di bulan Ramadhan juga dapat dilakukan melalui aplikasi smartphone. Sebelumnya, kami telah membahas tips mengkhatamkan Al-Qur'an mudah melalui smartphone. Kini, kami berikan rekomendasi aplikasi Al-Qur'an yang dapat membantu mensukseskan rencana khatam sobat semua.

1. KESAN

Aplikasi Al-Qur'an KESAN memiliki dua jenis Al-Qur'an, yaitu mushaf Kementrian Agama dan mushaf perhalaman. Untuk mengkhatamkan Al-Qur'an penulis lebih menyarankan untuk menggunakan mushaf perhalaman karena lebih enak dibaca.

Aplikasi AL-Qur'an KESAN sudah dilengkapi fasilitas bookmark untuk menandai ayat, fitur terakhir dibaca otomatis agar tidak kelupaan ayat yang terakhir ditadarusi, serta tajwid warna yang memudahkan pembaca pemula yang baru belajar ilmu tajwid AL-Qur'an.

Adapun bagi sobat yang ingin mendalami isi Al-Qur'an, penulis sarankan untuk menggunakan Al-Qur'an versi Kementrian Agama karena dilengkapi terjemahan, tafsir ringkas KEMENAG, Tafsir Jalalain, dan Tafsir Ringkas Al-Qur'an dan Maknanya karya Prof. Quraish Shihab.

Aplikasi KESAN dapat sobat unduh melalui playstore dan appstore.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline