Lihat ke Halaman Asli

Luky Reza

Universitas Pendidikan Indonesia

KKNT UPI Buat Inovasi Pembelajaran untuk Tingkatkan Minat Baca Tulis di SDN 016 Cipto Padjajaran Bandung

Diperbarui: 23 September 2021   15:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Faktanya, Pandemi Covid-19 tidak hanya berdampak pada kesehatan dan ekonomi tetapi juga memberikan pengaruh terhadap bidang pendidikan yang mengharuskan adanya pembaharuan metode pembelajaran yakni dilakukannya Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Lebih lanjut, Kepala Seksi Kurikulum Dinas Pendidikan Kota Bandung berdasarkan hasil surveynya menyatakan bahwa 89,6% siswa mengalami kebosanan dan kejenuhan saat belajar dari rumah.

Kebosanan dan kejenuhan saat belajar ini dapat menjadikan siswa tidak produktif dalam belajar dan menghambat potensi yang dimilikinya (Sugara 2011 : 19) yang dapat berpengaruh terhadap indeks pendidikan di Indonesia.

Saat ini juga, tingkat literasi masyarakat Indonesia sangatlah rendah apabila dibandingkan dengan negara lain di dunia. Mengutip dari BKPM, "Indonesia berada diperingkat 75 dar 85 negara dalam soal minat baca". Padahal pada hakikatnya, membaca merupakan gudang ilmu atau jendela dunia yang dapat membantu dalam meningkatkan pengetahuan dan pemahaman.

Untuk itu, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Univesitas Pendidikan Indonesia (LPPM UPI)  melalui kegiatannya mengadakan Kegiatan KKN Tematik Literasi dengan programnya yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup, daya saing, pengembangan karakter bangsa, serta meningkatkan keterampilan dan kompetensi yang dibutuhkan di masa yang akan datang.

Kegiatan KKN Tematik UPI 2021 ini dilakukan di SDN 016 Cipto Padjajaran yang berlokasi di Jalan Pajajaran Kota Bandung dengan programya "Indonesian Virtual Tour" sebagai salah satu inovasi metode pembelajaran literasi yang seru dan menyenangkan sehingga dapat meningkatkan kemampuan minat baca siswa/i.

dokpri

Lebih lanjut, inti kegiatan "Indonesian Virtual Tour" ini adalah memperkenalkan tentang sejarah, kebudayaan, dan tempat wisata yang ada di kota tersebut dengan dicantumkan di sebuah booklet yang dapat menjadi sumber bahan bacaan siswa/i.

kkn-lagi-614c342501019024ab1b63b2.png

dokpri

Dimulai dengan pemaparan video tour, dilanjut dengan siswa/i belajar menangkap, mengolah, serta menyampaikan informasi, dan diakhiri dengan sebuah games atau kuis yang bertujuan untuk mengukur pencapaian siswa/i dalam menguasai suatu materi pembelajaran.

Tujuan akhir dengan diadakannya kegiatan KKN Tematik Literasi dengan program "Indonesian Virtual Tour" ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan literasi siswa/i, menangkap suatu informasi dalam suatu bacaan serta meningkatkan semangat dalam kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh.

Penulis : Luky Reza




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline