Lihat ke Halaman Asli

Presentia Idealis et Presentia Realis

Diperbarui: 9 September 2015   03:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Persahabatan Jokowi-AhokAda 2 cara seseorg menghadirkan diri:pertama, dengan cara presentia realis (hadir secara nyata, tampak dan kasat mata) dan kedua, dengan caara presentia idealis (tak berjumpa alias tak kasat mata, tetapi kehadirannya tetap terasa).

Presentia Realis menggiring seseorg bertumbuh bersama yang lain dengan cara melebur & berbaur. Memang begitulah cara hadir yang sungguh hadir, yakni menyatu dengan yang lain, dan tanpa menciptakan batasan-batasan yang banal.Sementara seseorang yang menghadirkan dirinya secara presentia idealis, biarbagaimana pun tetap akan menyisakan jarak. Antar orang yang hendak menghadirkan diri dan mereka yang dijumpai tetap akan berjarak & menjaga jarak. Mengapa? sebab di antara mereka berdiri batasan-batasan; dan batasan itu adalah jarak yang memisahkan mereka secara fisik.Pertanyaannya adalah, dapatkan seseorang menghadirkan diri sekaligus dalam dua cara di atas: presentia idealis dan presentia realis? Bila memang bisa terjadi, apakah kehadiran di sana akan tetap memiliki makna yang sama? Tentu saja bisa, tetapi dalam konteks relasi yang intim. Misalnya antara seorang beriman yang begitu mengimani kehadiran Tuhan (yang tak tampak kasat mata, idealis) lewat kehadiranNya di dalam pengalaman kebaikan orang lain di sekitarnya (nyata, realis). Mungkin contoh ini terlalu abstrak. Agar pertanyaan di atas lebih mudah dipahami, maka saya akan memberi contoh relasi lain, yakni relasi dua orang kekasih atau relasi antara dua orang sahabat (sejati).Baik dalam relasi persahabatan maupun dalam relasi antar dua orang yang saling cinta, baik presentia realis maupun presentia idealis sanga dimungkinkan terjadi dengan pemaknaan simbolik yang sama. Artinya, dalam keintiman relasi antar dua orang tersebut bisa saja jarak tak lagi diperhitungkan. Mungkin relasi antar dua orang yang sedang pacaran jauh lebih mudah dipahami bagaimana dua orang bisa memaknai kehadiran fisik dan kehadiran batin kerap dianggap sama, tepatnya dianggap sama kualitasnya.Begitu juga dalam relasi persahabatan antar dua atau lebih orang dalam satu komunitas, misalnya. Kebetulan saya sudah sejak 3 tahun terakhir aktif di salah satu komunitas virtual di fesbuk. Nama komunitasnya adalah Dukung Ahok Gubernur DKI (DAG-DKI), dan grup itu sendiri sudah dihuni lebih dari 40 ribu member; dan di dunia nyata (maksudnya yang telah bertemu secara langsung) aku telah berjumpa dengan sekitar 100 orang.Awalnya komunitas DAG-DKI adalah komunitas virtual, di mana para anggota saling menyapa di dunia virtual, saling berbagi ide dan pengalaman di forum virtual (presentia idealis) sembari merencanakan kopi darat (kopdar) atau pertemuan riil (presentia realis) di komunitas virtual itu juga.Contoh-contoh di atas kiranya mempertegas satu hal, yakni bahwa kehadiran virtual (presentia idealis) dan pertemuan riil (presentia realis) bisa saja bersanding, kendati harus dilandasi oleh rasa saling cinta, saling percaya dan saling berbagi ketulusan rasa. Prasyarat inilah yang memungkinkan dua atau lebih banyak orang bisa saling memaknai kehadiran dengan pemahaman dan pemaknaan yang sama.

Di titik ini, rekatnya relasi antara 2 orang yang saling mencintai atau 2 atau lebih sahabat yang saling mencintai / menyayangi dengan mudah akan memahami kehadiran tanpa jarak (presentia realis) bisa berlangsung sekaligus dan terbuka pada relasi yang dipisahkan oleh jarak (presentia idealis). Jadi, kehadiran dengan dua cara sekaligus (riil dan ideal) sangat mungkinkan terjadi dalam konteks relasi intim di atas. Sebab, intimitas relasi antar 2 orang selalu mengiyakan kehadiran dalam keterbatasan (realis) sekaligus kehadiran secara terbuka pada relasi berjarak (idealis).Maka janga pernah heran saat melihat kemesraan dan amarah kerap dipertontonkan secara paradoks, bahkan secara ambigu. Hebatnya lagi, ekspresi kasih sayang, ketulusan, amarah, rasa jengkel, rasa cemburu dan rasa-rasa yang lain kerap dimaknai secara sama, bahkan ambigu, entah antar dua orang sahabat maupun antar dua orang yang saling jatuh cinta. Hebatnya, hal itu kerap terjadi dalam waktu sekejap!Di titik inilah jarak bukan lagi jarak dalam arti harafiah, yakni jarak yang memisahkan dua atau lebih orang yang bersahabat atau pacaran. Sebab, dalam konteks percintaan dan persahatan 'jarak" akan sirna di saat mereka mengandalkan "kehendak" untuk saling bertemu. Bukankah kehendak yang sama itu yang telah mempersatukan DAG-DKi sejauh ini?Akhirnya, relasi cinta dan persahabatan antara 2 orang yang saling menyayangi selalu memaknai kehadiran satu sama lain ibarat seoranag pelukis memaknai kehadiran obyk yang dilukisnya, yakni kehadiran presentia idealis sekaligus presentia realis.



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline