Lihat ke Halaman Asli

Lilis Andarwati

Lifelong learning by teaching students.

7 Jurus Jitu Kembalikan Mood Anak Sekolah

Diperbarui: 1 Januari 2023   20:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Prestasi Non Akademik Siswa MI (dokpri Lilis Andarwati)

Liburan sekolah telah usai sejak 01 Januari 2023. Senin 02 Januari 2023 Anak-anak/siswa-siswa sudah mulai belajar kembali ke sekolah, tentunya dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan, sebab diduga bahwa pandemi Covid 19 belum punah, hingga sekarang dunia kesehatan masih menangani pasien rawat inap/isolasi mandiri penderita  Covid 19.

Lepas dari adanya Covid 19, para pegiat pendidikan tetap melakukan kegiatan-kegiatan sebagaimana mestinya. 

Kemampuan memenejemen waktu orang dewasa berbeda dengan anak-anak/siswa. Suatu misal jika deadline liburan orang dewasa habis, maka dengan segera mereka mengatur schedule untuk jadwal hari esok masuk kerja. Nah, kalau deadline liburan anak-anak/siswa habis. Tidak bisa menutup kemungkinan bagi Orang Tua untuk memberi stimulus kepada anak-anaknya sebagai respon memantik semangat belajar kembali di semester genap besok (uapaya mengembalikan mood/perasaan baik anak).

Kemungkinan gejala apa saja yang muncul setelah Orang Tua memberikan stimulus terhadap mereka?. Bisa jadi, pertama; mereka berkata 

"ia Bu/baik Ayah akan saya siapkan pelajaran untuk besok!." 

Padahal itu hanya kata-kata saja yang sebenarnya, sambil menjawab, mereka tetap duduk manis sambil memegang gadget, tidak juga berkunjung ke kamar belajar. Kedua; bisa jadi, mereka masuk kamar belajar, lalu tertidur sebelum merapikan seragam dan jadwal pelajarannya untuk besok. Ketiga; terjadi drama kecil-kecilan ketika sudah mau diantar ke sekolah, entah gulung-gulung dulu sebelum dimandikan (anak usia PAUD hingga SD/MI kelas 1, 2). Bangun kesiangan, sehingga segera (orang tua/anak) menulis surat izin tidak masuk sekolah dengan alasan tipu-tipu..contohnya;

"........tidak bisa masuk sekolah dikarenakan sakit (contohnya sering terjadi pada anak anak usia SMP/MTs hingga SMA/MA/SMK)". 

Nah, fenomena ini bisa menjadikan Orang Tua stress, kekurangan kata-kata untuk membujuk rayu mereka, menghilangkan bad mood (perasaan buruk) mereka. Baiklah saya suguhkan 7 jurus jitu mengembalikan mood anak sekolah.

7 Jurus Jitu Kembalikan Mood Anak Sekolah

1. Berkomunikasi lirih kepada anak

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline