Lihat ke Halaman Asli

Latifah Maurinta

TERVERIFIKASI

Penulis Novel

[Malaikat, Lily, Cattleya] ART Paling Beruntung

Diperbarui: 17 September 2019   06:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pixabay.com

ART Paling Beruntung

Di rumah mewah bertingkat tiga ini, saya mengenal Tuan Calvin. Orangnya kasep, plus bageur pisan. Dia teh majikan saya yang paling baik.

Lima belas tahun jadi asisten rumah tangga, saya paling betah kerja di rumah Tuan Calvin. Rumahnya paling besar dibanding rumah majikan-majikan saya sebelumnya. Saya dikasih kamar yang lumayan nyaman di sini. Kasurnya empuk, ada TV sama kipas anginnya. Tuan Calvin nggak pernah lupa beliin brownies, martabak, donat, dan puding buat saya kalo beliau pergi agak lama.


Awal-awal kerja di sini, saya dapat kamar sempit dan pengap dari Nyonya Sivia. Kamar itu teh banyak pisan debunya. Saya jadi sering batuk-batuk dan pilek atuh. Pas Tuan Calvin tahu kamar saya terlalu sempit, dia bilang gini ke saya.

"Minah, kamu pindah ke kamar di sebelahnya ya. Mulai nanti malam, jangan tidur di sini lagi. Ini bekas gudang...maaf ya, saya baru tahu."

Saya seneng pisan dapat kamar baru. Lebih luasan dikit dari kamar bekas gudang itu. Langsung deh saya angkut barang-barang yang cuma seumprit itu ke kamar baru.

Selama di sini, nggak pernah tuh Tuan Calvin bentak-bentak saya. Ngomongnya lembuuut pisan. Pernah saya masak sup keasinan. Nyonya Sivia teriak-teriak, eh si Tuan senyum aja.

"Lain kali jangan melamun kalau masak ya, Minah." Gitu katanya.

Saya sih manggut aja. Nyengir malu, trus ngacir ke dapur. Malu atuh.

Satu malam, saya habis menghidangkan daging panggang dan tart karamel di meja makan. Tuan Calvin dan Nyonya Sivia siap-siap buat makan malam. Nggak tau kenapa, waktu itu tumben-tumbennya Nyonya Sivia nggak pulang telat. Pas saya mau balik ke dapur, Tuan Calvin nahan tangan saya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline