Lihat ke Halaman Asli

Laila Haniatun Nasikah

Siswa Jurusan Multimedia SMK Negeri 1 Kendal

MEMILIH JURUSAN MULTIMEDIA DI SMK NEGERI 1 KENDAL

Diperbarui: 4 Februari 2021   08:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Jurusan multimedia atau sering juga disebut (MM) merupakan salah satu jurusan di Smk Negeri 1 kendal dalam bidang komputer yang mempelajari tentang penggunaan komputer, mengoperasikan komputer untuk menyajikan gambar, animasi, dengan menggunakan tools-tools dalam software seperti Adobe Photoshop, CorelDraw, Adobe After Efect, Adobe Flash, Blender, dan lain-lain.

Jurusan Multimedia sangatlah mudah untuk dipelajari hanya dengan modal kemauan untuk belajar dan belajar. Saya juga dulu tidak tahu apa itu jurusan Multimedia, tapi setelah sekolah dijurusan ini saya jadi banyak tahu mengenai bagaimana mendesain sesuatu seperti undangan, mug, pin, poster, banner, dan lainya, selain itu juga membuat animasi 2D maupun 3D, edit foto dan video dari berbagai software.

Jurusan ini termasuk salah satu jurusan yang diminati banyak siswa, baik laki-laki maupun perempuan. Dalam satu kelas, biasanya malah dominan siswa perempuan karena Smk Negeri 1 Kendal memang berdominan siswa perempuan.

Jurusan ini sangat cocok direkomendasikan untuk siswa yang aktif, kreatif, produktif dan suka menuangkan ide-ide untuk membentuk suatu karya. Yang suka edit-edit foto, video, mendesain, menggambar, sangat cocok untuk mengembangkan skill nya. Selain di desain untuk siap kerja Setelah lulus, juga dimungkinkan untuk melanjutkan pendidikan di tingkat yang lebih tinggi. Seperti semboyannya “SMK BISA! SMK HEBAT”.

Selain pelajarannya yang santai, ilmu yang didapat pun beragam dan tentunya tidak akan membuat kalian jenuh. Karena di Jurusan Multimedia ini kalian akan diajak bersenang-senang bermain komputer dengan fasilitas ruangan ber AC tanpa harus terlalu berat memikirkan beban tugas ataupun materi pembelajaran.

Kenapa pilih jurusan multimedia?

Alasan saya memilih jurusan ini karena saya suka utak-atik komputer khususnya software pengolah gambar dan video (edit-edit gambar atau video), minat tinggi terhadap seni visual, sangat terbuka untuk mempelajari desain visual, animasi, atau bahkan photography.

Dalam mengambil jurusan multimedia kita harus tahu dulu apa yang akan kita pelajari dalam jurusan tersebut.

Berikut adalah beberapa mata pelajaran Muatan Kejuruan pada Jurusan Multimedia:

1. Muatan Nasional

• Pendidikan Agama dan budi Pekerti (PAI) dan BP/BK

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline