Lihat ke Halaman Asli

Kyla Ananda Alifia

18 September 2002

Pentingnya Pendidikan untuk Masa Depan

Diperbarui: 30 Juli 2021   14:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pendidikan merupakan salah satu hal yang paling penting ketika kita menjalani kehidupan sehari-hari dan menjadi pelindung untuk diri kita sendiri. Pendidikan mampu mengubah sikap dan perilaku seseorang untuk membangun manusia menjadi lebih dewasa melalui sebuah pengajaran maupun pelatihan. Pendidikan menjadi sarana untuk mempelajari banyak hal yang bermanfaat untuk diri sendiri maupun orang lain. Pendidikan bisa didapat di mana saja sehingga dibagi menjadi dua yaitu pendidikan formal dan pendidikan nonformal. Pendidikan formal yaitu pendidikan yang telah direncanakan oleh pemerintah seperti sekolah dan universitas. Sementara itu, pendidikan nonformal yaitu pendidikan yang didapat dari aktivitas kehidupan sehari-hari dan pengalaman hidup seseorang. Pendidikan tidak hanya melakukan pembelajaran di sekolah saja, tetapi juga harus diimbangi dengan pendidikan karakter anak yang berasal dari orang tua, teman, lingkungan, dan keluarga.

Pendidikan formal menjadi suatu kewajiban dikarenakan era ilmu pengetahuan dan globalisasi sangat berkembang di dunia. Kemajuan teknologi dan perubahan yang terjadi di dunia memberikan kesadaran bagi negara Indonesia mengenai kualitas dan kesadaran akan pendidikan. Kualitas pendidikan di Indonesia masih tergolong rendah dan menjadi perhatian bagi pemerintah. Banyak faktor yang mempengaruhi kualitas pendidikan yang masih rendah, salah satunya yaitu rendahnya kualitas guru. Kualitas guru di Indonesia masih rendah dikarenakan kinerja guru belum profesionalisme, kurangnya pelatihan, kurangnya kreativitas, dan tidak sesuai pada kompetensinya. Kualitas pendidikan yang rendah menyebabkan angka putus sekolah di Indonesia yang meningkat terus menerus. Selain kualitas pendidikan yang rendah, kesadaran pendidikan masyarakat Indonesia juga masih kurang.

Perkembangan teknologi modern di era globalisasi ini mendorong peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia agar tidak ketinggalan dengan negara-negara yang sudah maju pendidikannya. Dengan meningkatnya kualitas pendidikan di Indonesia akan menjadikan sumber daya manusia yang bernilai tinggi dan dapat bersaing secara internasional. Solusi untuk rendahnya kualitas guru di Indonesia yaitu dengan cara meningkatkan kesejahteraan guru, dilakukan pelatihan secara rutin, dan memberi biaya pendidikan untuk guru ke jenjang yang lebih tinggi lagi sesuai kompetensinya. Sebagai bangsa Indonesia kita harus menanamkan kesadaran diri sendiri bahwa pendidikan itu penting dan selalu bersyukur kita masih bisa mencari ilmu pendidikan yang lebih luas.

Memiliki anak yang pintar dan berbakat salah satu cita-cita bagi setiap orang tua. Oleh karena itu, orang tua harus sadar akan pendidikan anaknya dan ikut mendukung pembelajaran yang diikuti anaknya. Selain guru atau dosen yang memberikan pengetahuan mengenai pendidikan, sosok orang tua pun ikut bertanggung jawab untuk mendidik anak- anak mereka di rumah. Pada saat ini pendidikan dijadikan sebagai syarat untuk mencari pekerjaan. Hal ini membuktikan bahwa pendidikan sangat penting untuk menjadikan taraf hidup yang lebih baik lagi. Jika kita memiliki prestasi dan bakat akan sangat bermanfaat untuk masa depan yang baik seperti beasiswa ke luar negeri ataupun dalam negeri. Pelaksanaan pendidikan di Indonesia sesuai dengan tujuan UUD 1945 yaitu mencerdaskan bangsa.

Mari kita belajar dengan sungguh-sungguh dan berprestasi tinggi untuk memperoleh ilmu pengetahuan yang bermanfaat sehingga dapat membantu orang lain. Orang tua pun harus selalu memotivasi anak dalam hal pendidikan karena sangat penting untuk masa depan. Memiliki pendidikan yang tinggi akan mengurangi tingkat kemiskinan di Indonesia. Bacalah buku setiap hari karena dengan membaca buku kita dapat menambah ilmu lebih luas. Membaca buku akan menjadikan kita lebih produktif. Buku adalah jendela ilmu yang dapat membuka pikiran kita.

Ilmu pengetahuan dapat ditemukan di mana saja dan kapan saja. Kita dn. Ilmu pengetahuan menjadikan diri kita lebih berguna dan tidak menyesal di kemudian hari. Dalam perdagangan bebas keterampilaapat membaca buku, mendengar radio, membaca surat kabar, dan situs berita lainnya untuk dijadikan sebagai sumber pendidikan dan pengetahuan paling utama agar dapat bersaing dengan negara-negara lain. Selain dukungan dari orang tua dalam proses pembelajaran, pemerintah juga berkewajiban memperbaiki kualitas pendidikan di Indonesia. Ketika kualitas pendidikan yang tinggi dan kesadaran bangsa Indonesia telah bersatu, maka perekonomian Indonesia akan mendunia. Generasi muda yang berprestasi dan berbakat adalah jaminan masa depan bangsa yang berkualitas. Jangan patah semangat dalam mengejar pendidikan yang tinggi karena itu adalah kunci sukses dalam kehidupan masa depan yang cerah!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline