Lihat ke Halaman Asli

JK, Isu Rizieq, Disusul RK Cs, Takar Indonesia Bubar!

Diperbarui: 23 November 2020   07:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

ilustrasi: liranews.com

Negara akan bubar bukanlah suatu yang tidak mungkin. Sebab negara sendiri adalah proyek kesamaan pada ide-ide politik membentuk suatu bangsa.

"Organisasi dalam lingkup yang kecil saja dapat bubar, apalagi organisasi yang besar seperti negara, sudah pasti tentu dapat sekali bubar".

Saya ingat bagaimana Prabowo Subianto dulu pernah berkata, 2030 Indonesia berpotensi bubar.

Kita sama-sama tahu ketokohan Prabowo Subianto sendiri di Indonesia. Prabowo Subianto adalah satu dari banyak saksi sejarah perpolitikan Indonesia dari masa ke masa.

Pendapat berpotensi bubarnya indonesia sendiri, dirinya "Prabowo" mengutip buku Ghost Fleet, dimana dalam buku tersebut memprediksi bahwa negara Indonesia bakal bubar di tahun 2030.

Tentu saja buku Ghosf Fleet adalah buku fiksi ilmiah, yang didalamnya mungkin dengan beberapa indikator logis alasan bagimana Indonesia dapat bubar.

Sebab saya juga berpendapat, setiap negara dapat bubar termasuk indonesia dengan sistem yang mungkin saja tidak diterima atau masalah politik yang pelik membuat suatu senitimen-senitimen baru di masyarakat.

Maka baru-baru ini dengan fenomena Rizieq Shihab pulang dari Arab Saudi, tentu menjadi catatan tersendiri dari dalam politik Indonesia dengan gagasan revolusi akhlaknya.

Dimana revolusi akhlak tersebut bisa saja mengubah peta politik Indonesia, jika gerakan itu di dukung mayoritas masyarakat indonesia.

Tidak dipungkiri peran Rizieq Shihab yang kuat disokong oleh pendukung dan simpatisannya sangat mungkin menjadi kekuatan politik baru, baik saat ini maupun di masa yang akan datang.

"Bangunan politik sendiri dapat terbangun karena ada massa. Dan massa pendukung Rizieq Shihab meski saat itu belum besar. Tidak dipungkiri berjalannya waktu akan membesar dengan sendirinya mengingat tren arus islamisasi di Indonesia yang semakin kuat".

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline