Lihat ke Halaman Asli

KlikQuick

Seseorang yang suka mempelajari hal baru

Menggunakan Aplikasi Keyboard Wabot Untuk Mengolah Database Pelanggan dengan Baik

Diperbarui: 12 Juli 2020   21:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

wabot

Database adalah suatu komponen penting agar usaha tetap eksis. Optimalisasi pengelolaan database akan menunjang perkembangan bisnis, kita tahu bahwa persaingan bisnis semakin hari semakin ketat. Munculnya bisnis sejenis dengan inovasi yang sangat beragam tentunya menjadi sebuah tantang tersendiri. Oleh karena itu salah satu alternatif untuk bertahan dalam persaingan adalah pengelolaan database pelanggan dengan benar.

Di era bisnis digital yang sedang berkembang sangat pesat saat ini, database pelanggan merupakan suatu asset yang sangat berharga. Sukses atau tidaknya suatu usaha juga dapat dilihat dari seberapa banyak dan luasnya pelanggan yang dimiliki. 

Untuk pelanggan sendiri dapat kita kategorikan menjadi 3 kelompok, yakni:

  • Cold: Merupakan customer yang sama sekali belum kenal kita atau belum kenal produk kita
  • Warm: Merupakan customer yang sudah mengenal kita/produk kita baik itu dari relasi customernya sendiri, iklan atau project marketing yang kita jalankan
  • Hot: Merupakan customer yang sudah sangat mengenal tentang kita dan kualitas produk/jasa yang kita jalankan

Pada artikel kali ini, akan dibahas fitur apa saja yang terdapat pada aplikasi Keyboard Wabot yang dapat kita gunakan untuk mengelola database ada. Nah sebelum kita bahas lebih lanjut fitur-fiturnya mari kita terlebih dahulu membahas sedikit tentang aplikasi tersebut.

wabot

Aplikasi KEYBOARD WABOT atau (Whatsapp Bot) adalah aplikasi berbasis Mobile Apps android sebagai Whatsapp Engine yang berfungsi membantu kita dalam promosi, follow up, manajemen data kontak, optimasi Customer Service, dan lainnya sehingga dapat membantu dalam mengganti beberapa aktifitas kita dalam berbisnis dan promosi di Whatsapp sehingga lebih cepat, praktis, dan otomatis.

Banyak sekali fitur-fitur pada aplikasi ini yang dapat membantu para pebisnis online dalam menjalankan bisnisnya. Diantaranya:

  • WhatsApp Form
  • Keyboard Wabot & Auto Text
  • Schedule Messege
  • Auto Reply
  • Manajemen Data Customer
  • Export Import Kontak Otomatis
  • Manajemen Data Operator
  • Auto Follow Up
  • Leads Magnet (Autoresponder)
  • Template Promosi
  • WA Link Generator
  • Link Page
  • API Key untuk Webhook & Whatsapp Gateway
  • Ucapan Selamat Ulang Tahun Otomatis, dll

Nah banyak sekali kan fiturnya? Selanjutnya mari kita bahas fitur-fitur aplikasi Keyboard Wabot yang dapat membantu mengelola database pelanggan.

1. Fitur Leadmagnet (Autoresponder)

Apabila Anda belum mempunyai database pelanggan fitur ini bisa digunakan untuk menyaring pelanggan kategori 'cold' kedalam database pelanggan baru yang akan Anda buat. Dengan fitur ini Anda dapat membuat sebuah form yang dapat digunakan untuk mendapatkan data para calon pelanggan sebagai langkah pertama membangun database. Dengan fitur ini, Anda bisa mendapatkan data kontak orang-orang yang sekiranya tertarik dengan produk usaha Anda, kontak yang dimaksud bisa berupa email, nomor telepon/ nomor WhastApp, dan/atau alamat.

wabot

 Jadi Anda bisa mengumpulkan banyak database list kontak Whatsapp dengan mengisi form yang dibuat dan bisa mengirimkan autoresponder ke no Whatsapp yang mengisi form tersebut secara otomatis mirip seperti autoresponder email. Menariknya lagi database tersebut masuk ke kontak list kita di Wabot dan bisa dipilih ke grup kontak mana data list kontak tersebut masuk. Sehingga tidak campur dengan kontal list lain yang sudah ada. 

Fitur ini selain bisa bisa digunakan dalam proses membangun database pelanggan juga bisa digunakan untuk building list lain seperti:

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline