Lihat ke Halaman Asli

KKN MIT 16 Posko 96

Kelompok KKN MIT 16 Posko 96

Mahasiswa KKN Berkolaborasi Dengan Muslimat dan Fatayat dalam Pengajian

Diperbarui: 22 Juli 2023   19:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Posko 96. dokpri

KENDAL -- Pada Senin, 17 Juli 2023 mahasiswa kelompok 96 Kuliah Kerja Nyata Mandiri Inisiatif Terprogram (KKN MIT) ke-16 UIN Walisongo Semarang ikut andil dalam pelaksanaan kegiatan Pengajian yang diadakan oleh Muslimat dan Fatayat Ranting Desa Sumberagung.

Kegiatan tersebut diawali dengan khataman Al-Qur'an oleh para mahasiswa bersama jama'ah muslimat dan fatayat yang dilaksanakan pada 07.00-10.00 WIB di kediaman Bapak Sujarwo dan Ibu Mulyani. Kemudian pada siang hari dilanjutkan dengan rangkaian acara pengajian rutinan Fatayat dan Muslimat pada pukul 13.00 WIB. Dalam rangkaian acara tersebut, Fitriyani Miladiah selaku anggota KKN MIT 16 Posko 96 menjadi dirigen dalam menyanyikan lagu Indonesia Raya, Yalal Wathon, Mars fatayat, dan Mars Muslimat.

Adapun pengajian tersebut diisi oleh da'I muda, Gus Aldi Hasani, S. Sos. yang berasal dari Kendal dengan diiringi oleh Gendhing Kyai Jati. Gus Aldi Hasani mengapresiasi jama'ah Fatayat dan Muslimat yang telah menyempatkan hadir dalam pengajian di tengah kesibukan rumah tangga mereka. Beliau juga menyampaikan dalam Bahasa Jawa "mancing duit, nganggo DUIT".  DUIT yang dimaksud yaitu Doa, Usaha, Ikhtiar, Tawakkal. Beliau juga menganjurkan kepada jamaah Fatayat dan Muslimat agar menjadi seseorang yang selalu berbuat baik dimanapun dan dalam kondisi apapun. Dalam penyampaian dakwahnya, beliau juga menggunakan wayang sebagai media dakwahnya sehingga dapat menarik perhatian bagi pendengarnya.

Di akhir acara, Mahasiswa KKN UIN Walisongo ikut membantu dalam membersihkan lokasi pengajian sebagai wujud rasa terima kasih telah mengajak mahasiswa KKN UIN Walisongo ikut andil dalam pengajian. Jama'ah Fatayat dan Muslimat sendiri juga berharap agar mahasiswa KKN UIN Walisongo dapat berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan keagamaan lain di Desa Sumberagung, Kecamatan Weleri, Kabupaten Kendal.

Posko 96. dokpri




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline