Lihat ke Halaman Asli

Dapur Sehat dari Tahu di Desa Kali Besar

Diperbarui: 2 September 2023   10:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar 01

Senin 08/08/2023 mahasiswa KKN-T 7 adakan penyuluhan pembuatan nugget tahu guna cegah stunting. acara dilaksanakan di rumah kepala desa, di desa kali besar, kec. kurau. Kegiatan diawali dengan pemaparan pengertian stunting, gejala, dan cara pencegahannya. Dilanjutkan kegiatan demonstrasi tata cara memasak menu makanan sehat sebagai bentuk pemenuhan nutrisi selama masa pertumbuhanPelaksanaan program kerja dapur sehat nugget tahu merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh kelompok KKN 13 atau tim pengabdian masyarakat Uiversitas Muhammadiyah Banjarmasin di Desa Kali Besar. Dapur Sehat Nugget Tahu ini merupakan sebuah kegiatan yang bertujuan untuk membantu para ibu-ibu mengkreasikan makanan sehat berdasar bahan sederhana terjangkau untuk anak dan keluarganya dirumah.

Gambar 02

Gambar 03

Pada kegiatan ini sasarannya adalah  ibu-ibu rumah tangga Desa Kali Besar, dengan membuat nugget dari tahu yang sehat, bergizi tinggi dan harga terjangkau. Pelatihan pembuatan nugget tahu dilakukan dengan ibu-ibu warga masyarakat desa Kali Besar dalam meningkatkan konsumsi makanan sehat, serta makanan ini juga dapat dijual dan bernilai ekonomis  dengan modal yang tidak terlalu besar. Kegiatan ini dilakukan untuk menambah pengetahuan masyarakat seputar tentang makanan sehat yang terjangkau.
DASHAT (Dapur Sehat) juga bertujuan untuk   terpenuhinya kebutuhan gizi anak stunting, bumil/busui dan keluarga risiko stunting, serta diperolehnya pengetahuan dan keterampilan penyiapan pangan sehat dan bergizi berbasis sumber daya lokal.

Gambar 04

Diharapkan dapat membantu ibu-ibu rumah tangga untuk menambah menu sehat keluarganya agar semakin banyak masyarakat yang mengkonsumsi makanan sehat maka semakin mengurangi angka stunting di Desa kali besar.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline