Lihat ke Halaman Asli

Mengelola Proses Pengembangan Ide

Diperbarui: 18 Juli 2017   18:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Mengelola proses pengembangan Ide

  • Penciptaan Ide

Beberapa ahli pemasaran percaya bahwa peluang terbesar dan peningkatan tertinggi produk baru ditemukan dengan mengungkapkan kemungkinan rangkaian terbaik dari kebutuhan pelanggan yang belum terpenuhi atau inovasi teknologi.Ide produk baru bisa berasal dari interaksi dengan berbagai kelompok dan menggunakan teknik yang menghasilkan kreativitas.

  • Penyaringan Ide

Dalam menyaring ide, perusahaan harus menghindari dua jenis kesalahan.Kesalahan menolak (DROP-error) dan Kesalahan Menjalankan (GO-error).

Mengelola konsep sampai strategi

  • Pengembangan dan Pengujian Konsep

Pengembangan konsep Mari kita ilustrasikan pengembangan konsep dalam situasi berikut: Perusahaan pemrosesan makanan besar mendapatkan ide untuk memproduksi bubuk yang ditambahkan ke susu guna meningkatkan nilai nutrisi dan rasanya. Ini adalah ide  produk, tetapi konsumen tidak membeli ide produk; mereka membeli konsep  produk.

           Pengujian konsep Pengujian konsep berarti menampilkan konsep produk, secara simbolis atau fisik, untuk membidik konsumen dan melihat reaksinya.

  • Pengembangan Strategi Pemasaran

Setelah uji konsep berhasil, manajer produk baru akan mengembangkan rencana strategi tiga bagian awal untuk memperkenalkan produk baru ke pasar.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline