Lihat ke Halaman Asli

Kidz Dental Ortho

Klinik Gigi Anak dan Remaja

Umur Berapa Bayi Tumbuh Gigi?

Diperbarui: 31 Juli 2021   00:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Photo guide: tooth eruption in children Images courtesy of Richard Welbury

Halo moms, banyak ibu yang khawatir ketika si kecil belum juga tumbuh gigi, ataupun khawatir saat anak tumbuh gigi jadi menolak makan atau rewel. Yuk, belajar lebih dalam tentang tumbuh gigi pada anak agar tidak panik saat anak tumbuh gigi.

Fakta seputar tumbuh gigi anak

Gigi bayi sudah mulai terbentuk dan berkembang dalam gusi sejak dalam kandungan. Oleh karena itu, gigi dapat muncul saat bayi berusia tiga bulan, bahkan ada yang sudah nampak saat bayi baru lahir atau sering disebut natal teeth.

Namun umumnya, gigi bayi tumbuh saat berusia 6 bulan. Tidak perlu kuatir jika bayi usia 9 atau 10 bulan belum tumbuh gigi, karena rentang waktu normal usia tumbuh gigi pertama kali adalah 4-15 bulan.

Biasanya yang tumbuh pertama kali adalah dua gigi bawah paling depan, diikuti dua gigi atas paling depan. Gigi susu akan lengkap seluruhnya kira-kira pada saat anak usia  tiga tahun.

Moms dapat mengetahui bahwa si Kecil sedang tumbuh gigi dengan mengenali ciri-ciri umumnya, antara lain suka menggigiti benda yang dipegangnya, mengeluarkan air liur lebih banyak, lebih rewel akibat gusi terasa nyeri atau bengkak, sulit tidur nyenyak, atau tidak mau makan.

Gejala-gejala lainnya, seperti demam dan diare, tidak terbukti secara medis berkaitan dengan bayi tumbuh gigi. Yuk moms simak gambar di bawah ini terkait waktu tumbuhnya gigi susu pada anak.

Infografis masa pertumbuhan gigi pada bayi. | Kredit gambar: Yayasan Karya Hati Insani

Gigi terlambat tumbuh, apakah normal?

Banyak orangtua khawatir ketika gigi anak tidak tumbuh seperti jadwal yang seharusnya. Tidak perlu kuatir ya moms, pertumbuhan gigi tiap anak berbeda-beda. Menurut American Academy of Pediatrics, antara 4-15 bulan masih termasuk waktu rentang normal anak tumbuh gigi pertama kali.

Konsultasikan ke dokter spesialis anak, atau dokter gigi anak jika saat usia 18 bulan anak belum tumbuh gigi juga. Terlambatnya tumbuh gigi dapat disebabkan oleh : keturunan, kelahiran prematur, berat badan bayi saat lahir rendah, kelainan genetik, kekurangan nutrisi dan resisten terhadap vitamin D. Anak-anak dengan kelainan hormon dan genetik seperti down syndrome juga seringkali mengalami terlambat tumbuh gigi.   

Agar Anak Tidak Rewel Ketika Tumbuh Gigi

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline