Lihat ke Halaman Asli

Katedrarajawen

TERVERIFIKASI

Anak Kehidupan

"Aku Tidak Boleh Merayakan Imlek!"

Diperbarui: 25 Juni 2015   20:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

"Gong xi fa cai, selamat Imlek." ucap Acong kepada temannya Abong sambil mengangkat kedua tangannya. Tapi reaksi Abong hanya diam dan senyum-senyum.

Acong merasa heran. Kenapa temannya tidak menyambut ucapannya. Kemudian Abong menjelaskan,"Maaf, mulai tahun ini aku sudah tidak merayakan Imlek. Aku sudah masuk Kristen. Pendetaku melarang untuk merayakan Imlek. Anak Tuhan tidak Boleh merayakan Imlek."

Sekarang ganti Acong yang senyum-senyum,"Loh, saya juga Kristen kok. Tapi boleh tuh merayakan Imlek."

#
Pro dan kontra selalu saja ada di dunia ini. Di mana dan kapan pun pasti akan terjadi. Karena semesta ini memang diisi unsur berlawanan. Ada positif dan negatif. Siang dan malam. Pria dan wanita. Baik dan jahat.

Kalau kita bisa memahami hal ini. Tentu kita tidak akan bingung dan gelisah bila dalam kehidupan ini menemukan pro dan kontra terhadap suatu masalah. Kemudian tidak akan menemukan titik temunya.

Pro dan kontra itu bagaikan surga dan neraka. Langit dan bumi. Lembah dan pegunungan.

Seperti halnya mengenai pro dan kontra umat muslim dalam mengucapkan selamat Natal. Ada yang mengharamkan. Ada pula yang membolehkan. Masing-masing memiliki alasan yang kuat.

Begitu pula dalam merayakan Imlek yang merupakan tahun baru China. Seperti kita ketahui perayaan Imlek adalah perayaan pergantian tahun dalam penanggalan China. Atau perayaan untuk menyambut musim semi.

Yang sebenarnya tidak ada hubungannya dengan keagamaan sama sekali. Lalu mengapa orang China Kristen diharamkan untuk merayakan Imlek?

Hal ini disebabkan oleh persepsi bahwa perayaan Imlek adalah perayaan agama Kong Hu Cu untuk menyembah kepada dewa-dewa dengan menggunakan dupa.

Tentu saja ini dianggap bertentangan dengan iman kekristenan. Karena dianggap berhala.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline