Lihat ke Halaman Asli

kabarakademia

Kabar tentang kampus dan dunia pendidikan

Menikmati Kuliner Berkelas di Nasi Sambal

Diperbarui: 14 April 2021   15:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Suasana yang asyik di Nasi Sambal Klaten (Dokpri)

         Dengan tagline "pedas, nikmat, terasa", Nasi Sambal menjadi destinasi kuliner yang hampir tidak mungkin dilewatkan di kota Klaten.  Beragam menu tersaji, mulai dari menu lokal Indonesia sampai dengan resep kuliner Eropa. Yang menarik adalah resep kuliner dari Timur dan Barat yang di-blended.

            Menu kuliner lokal di antaranya nasi yang dipasangkan dengan ayam, bebek dan ikan bakar. Harganya terjangkau, mulai dari enam belas ribu rupiah sampai dengan dua puluh lima ribu rupiah. Sesuai nama rumah makan, ada tiga macam sambal yang disediakan gratis bagi pengunjung. Ada juga menu angkringan yang disajikan dengan cita rasa resto, yaitu nasi goreng, mie goreng dan kwe teow. Harganya pun hanya pada kisaran lima belas ribu.

            Menu kuliner ala Eropa yang tersaji di Rumah Sambal dijamin serratus persen nikmat. Ini tidak lepas karena semua steak diimpor langsung. Dalam deretan steak, ada Australian Sirloin Steak, Australia Wagyu Beef Steak, Australia Salmon Steak, dan Australia Lamb Chop. "Pengunjung bisa memilih antara mashed potatoes atau kentang goreng dengan mushroom black pepper," chef Lalu Sudirham, chef Nasi Sambal.

Sebelum membuka kuliner Nasi Sambal, Lalu adalah chef dengan jam terbang internasional. Lebih dari satu dasawarsa melanlang buana menjadi head chef di berbagai hotel internasional. Kariernya menjadi chef dimulai tahun 2000 di Hotel Le Meridien Dubai. Setelahnya, Lalu Empire Hotel di Bandar Sri Begawan, Brunai Darusalam. Pengalaman dan jam terbangnya berpindah Yordania, Ukrainia, Perancis dan Nigeria. Semuanya di hotel berkelas bintang lima. "Keinginan saya adalah menyajikan kuliner bercita rasa dunia kepada masyarakat Klaten dan sekitarnya. Di Nasi Sambal, masyarakat Klaten bisa menikmatinya," kata Lalu

Sesuai dengan namanya, Nasi Sambal menyediakan beragam sambal yang bercita rasa tinggi. List sambal yang bisa Anda cecap adalah sambal bawang, sambal terasi, sambal terasi tomat segar, sambal matah, sambal pete, dan sambal terasi lombok ijo.

Jika Anda berkunjung, cukup andalkan aplikasi peta digital di gawai atau dengan berpatokan pada perempatan MAN 2 Klaten belok ke utara 500 meter. Rumah makan Nasi Sambal berada di kiri jalan.  Klaten acapkali terlupakan dan terlewatkan dalam wisata kuliner terutama karena diapit oleh Yogyakarta dan Solo.  Keterlewatan yang kini telah sirna, sejak berdirinya rumah makan Nasi Sambal. Destinasi kuliner baru ini hadir di jalan Ki Ageng Gribig 32, Gergunung, Klaten. Dari Yogyakarta dan Solo pun, Nasi Sambal bisa dicapai dalam waktu 40 menit. Waktu yang cukup pendek untuk menikmati kuliner bercita rasa dunia.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline