Lihat ke Halaman Asli

Sejarah, Kedudukan, dan Fungsi Bahasa Indonesia

Diperbarui: 29 Oktober 2020   14:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bahasa. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcstudio

Perlu diketahui, pada tanggal 28 Oktober 1928, sejarah awal mula Bahasa Indonesia lahir pada saat Sumpah Pemuda. Sejak saat inilah Bahasa Indonesia menjadi bahasa nasional, hal ini dapat diketahui pada poin ketiga Sumpah Pemuda " Menjunjung Bahasa Persatuan, Bahasa Indonesia". Kemudian, pada tanggal 18 Agustus 1945, diselenggarakannya peresmian Bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu. Bahasa Indonesia terbentuk dari Bahasa Melayu yang tergolong ke dalam Bahasa Austronesia Barat (Nusantara). Bukti dari adanya Bahasa Indonesia dari Melayu, yaitu ditemukannya prasasti di kerajaan Sriwijaya dan penggunaan Bahasa Melayu di zaman kerajaan Malaka. Dari tahun ke tahun, ejaan Bahasa Indonesia mengalami perkembangan dan perubahan. Saat ini, ejaan yang resmi dipakai, yaitu Ejaan Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan (EYD) terhitung sejak tanggal 16 Agustus 1972.

Kedudukan Bahasa Indonesia, yaitu pertama, Bahasa Indonesia sebagai Bahasa nasional. Hal ini didasarkan pada Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928, yaitu Bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu. Kedua, Bahasa Indonesia sebagai bahasa negara. Hal ini didasarkan pada UUD 1945 Bab XV Pasal 36, yaitu Bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi.

Fungsi Bahasa Indonesia, diantaranya yaitu sebagai bahasa nasional, Bahasa Indonesia berfungsi:

a. Lambang kebanggaan nasional

b. Lambang identitas nasional

c. Alat pemersatu suku bangsa

d. Alat perhubungan antarbudaya dan daerah

Adapun sebagai bahasa negara, Bahasa Indonesia berfungsi:

a. Bahasa kenegaraan

b. Bahasa pengantar pendidikan

c. Bahasa dalam perencanaan pembangunan

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline