Lihat ke Halaman Asli

Juan Xariskara

From West Indonesia 💛

Objek Wisata Kampung Vietnam di Kepulauan Riau

Diperbarui: 27 Januari 2021   15:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Hii Temannn-temann selamat datang dan selamat membaca semua tulisan,

saya Juan Xariskara mahasiswa STP Trisakti jurusan Perhotelan dan saya adalah penerima beasiswa Prestasi dari Kemendikbud ..

ini adalah wadah tulisan saya untuk membagikan sesuatu yang ingin saya bagikan dan semoga bermanfaat teman-teman..

Haii semuaaa, kali ini saya akan membahas tentang sejarah-sejarah yang ada di Kepulauan Riau salah satu nya adalah sejarah yang ada di pulau Galang yaitu kamp pengungsian warga Vietnam.

 Buat teman-teman yang sudah pernah kesini pastinya tau se-Nyata apa kamp Vietnam tersebut, suasana nya benar-benar seperti kita berada di wilayah Vietnam pada masanya. Dimulai dari blok-blok perkampungan, pos-pos penjagaan perkampungan, hingga tempat ibadah dengan berbagai agama dan kepercayaan orang-orang Vietnam dulunya. Kamp Vietnam yang terdapat dipulau galang mempunyai luas hingga 80 hectare.

Pada tahun 1980, sekitar ratusan ribu warga mengungsi ke berbagai Negara pasca  perang saudara yang terjadi di Vietnam, ratusan warga Vietnam menaiki perahu sehingga beberapa hari sempat terombang ambing dilaut, bahkan tidak sedikit yang tewas ketika berada di tengah laut karena kelaparan.

dokpri

nahh ini nih salah satu gambar kapal  milik warga vietnam, keren juga yaa kapalnya teman-temann... 

Meskipun begitu, sebagian warga Vietnam tersebut berhasil sampai ke Indonesia. Tepatnya di Pulau Galang. Dari sinilah, kamp Vietnam menjadi tempat pengungsian warga Vietnam dimulai. Sekitar 250.000 jiwa pengungsi Vietnam pun hidup di Pulau Galang pada tahun 1979-1996.

Sarana yang dibangun di antaranya adalah barak pengungsian, tempat ibadah, rumah sakit, penjara,  dan sekolah. Sementara barak pengungsian dibagi menjadi 6 zona/blok. Masing-masing dapat dihuni sebanyak 2000-3000 jiwa.

Ohiyaaa, buat kalian yang ingin berwisata ke Kamp Vietnam, jarak nya tidak terlalu jauh dari pusat kota Batam, hanya berkisar 1,5 jam jika anda melalui jembatan balerang. Terlepas dari kisah pilu berdasarkan cerita ahli sejarah di kamp Vietnam tersebut, destinasi ini tidak kalah popular nya dengan wisata-wisata yang lain loh. Banyak spot foto yang ditawarkan di kampung Vietnam ini. Nahh maka dari itu, selain menambah ilmu kita juga bisa menikmati view yang masih sangat bersih dan terawatt. Jadi jika anda berkesempatan datang ke Batam, jangan lupa untuk mempir ke  Kampung Vietnam ini yaaaa. 

Saya yakin deh pasti kalian semua akan terkesan dengan keindahan alam buatan di sana karena ituu jangan lupaa yaa teman-teman untuk mengunjungi tempat tersebut 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline