Lihat ke Halaman Asli

Bantu Aku untuk Memilih, Bunda

Diperbarui: 23 November 2018   01:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

depositphotos

Saat anak masih kecil mereka sudah mampu untuk mengambil keputusan, namun seringkali orang tua selalu mengambil pilihan mereka sendiri. Padahal saat mereka berada pada usia dini mereka sudah bisa untuk di ajarkan dan waktu yang tepat untuk membiasakan memilih dan mengambil keputusan dengan janggung jawab mereka masing-masing.

Membantu anak mengambil keputusan tidak masalah, karena bagaimanapun orangtua menginginkan yang terbaik untuk anaknya. Namun, biarkan anak sesekali  mengambil keputusan mereka sendiri, karena hal ini akan mempengaruhi kemandirian cara berpikir dan bersikapnya kelak.

Saat orang tua meminta anak untuk menentukan pilihan mereka akan membutuhkan waktu yang lama atau mungkin bahkan si anak akan kebingungan dalam mengambil keputusan yang mereka pilih. Oleh karena itu orangtua disarankan untuk sering-sering melatih anak membuat keputusan agar mereka  bisa lebih mandiri, percaya diri dan bertanggung jawab ketika mengambil keputusan.

Ada beberapa cara untuk mengajari anak mengambil keputusan :

Tunjukkan Pada Anak Cara Mengambil Keputusan

Persempit Pilihan

Jelaskan Tentang Jenis-jenis Keputusan

Menjelaskan Tentang Konsekuensi Sebuah Keputusan

Misalnya saat bunda hendak membeli barang-barang keperluan ke supemarket biarkan anak untuk ikut, lalu biasanya anak akan langsung menuju bagian mainan dan mereka akan meminta agar mereka dibelikan beberapa mainan kan bunda?? Biarkan anak membeli mainan yang mereka inginkan namun hanya berikan sebuah untuk di beli. Lalu apabila anak merengek untuk meminta membelikan beberapa yang lain, bunda harus menjelaskan bahwa bunda juga butuh membeli beberapa kebutuhan lainnya tidak hanya untuk membeli mainan, disitu anak akan mengambil keputusan untuk memilih mainannya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline