Lihat ke Halaman Asli

Toleransi dan Kebersamaan Membangun Bangsa

Diperbarui: 13 Mei 2022   23:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Adanya keberagaman membuat Indonesia dipandang sebagai negara yang kaya. Namun, kekayaan ini juga dapat menimbulkan konflik karena adanya perbedaan pandangan satu sama lain terhadap suku, budaya, ras, atau agama yang dianutnya dengan yang dianut oleh orang lain. Dalam rangka menjaga keutuhan dan persatuan Negara Indonesia maka dibutuhkan sikap saling menghargai dan menghormati yaitu dalam bentuk sikap saling toleransi satu sama lain.

Adanya sikap toleransi bukan hanya untuk menghindari konflik dan pertikaian antar warga negara tetapi juga untuk menyatukan seluruh warga negara sehingga semboyan negara Bhinneka Tunggal Ika (berbeda-beda tetapi tetap satu) benar-benar dapat terlaksana.

Toleransi dalam konteks sosial budaya dan agama berarti suatu perbuatan anti diskriminasi terhadap kelompok atau individu yang memiliki pandangan yang berbeda. Pada intinya, toleransi memiliki makna saling menghormati dan menghargai paham, pemikiran atau pandangan yang berbeda dari orang lain.

Terdapat banyak bentuk sikap toleransi yang dapat dilihat dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari bentuk toleransi beragama, toleransi dalam bekehidupan, dan lain sebagainya. Sebagai bentuk toleransi beragama seperti, Menghormati agama yang dianut oleh orang lain, Beribadah sesuai ajaran agama masing-masing, Tidak memaksa orang lain untuk menganut agama yang sama dan sebagainya.

Manfaat dari toleransi itu sendiri antara lain, Membangun bangsa. Dengan sikap toleransi yang menyatukan keberagaman di Indonesia maka dapat membangun bangsa Indonesia menjadi bangsa yang lebih kuat persatuannya.

Toleransi memiliki makna saling menghormati dan menghargai paham, pemikiran atau pandangan yang berbeda dari orang lain. Serta tidak mengganggu keyakinan yang dimiliki oleh orang lain. Terdapat banyak bentuk toleransi yang biasa ditemukan dalam kehiduapn sehari-hari ataupun dalam beragama salah satunya yaitu menghargai dan menghormati agama yang dianut oleh orang lain.

Mendapatkan kedamaian, menyatukan keberagaman di Indonesia, membangun bangsa itulah wujud dari toleransi itu sendiri di bumi nusantara.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline