Lihat ke Halaman Asli

Portugal yang (Tak) Layak Lolos

Diperbarui: 26 Juni 2016   18:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

http://cdn.tmpo.co/data/2016/06/23/id_517551/517551_620.jpg

Portugal memastikan satu tiket lagi ke babak perempat final setelah mengandaskan perlawanan sengit Kroasia di babak 16 besar. Walaupun Kroasia mendominasi penguasaan bola selama jalannya pertandingan namun Portugal melalui skema serangan balik, justru mampu membuat Subasic memungut bola dari gawangnya sendiri. Adalah Ricardo Quaresma yang hadir sebagai pahlawan berkat golnya pada menit ke 117.

Meski memetik kemenangan, harus diakui bahwa permainan Portugal masih jauh dari harapan publik. Banyak kelemahan yang mereka tunjukkan. Lini tengah yang kurang solid, umpan silang yang kurang akurat hingga terkesan egois karena permainan mereka lebih individu.  Hasilnya, Ronaldo dan Nani mengalami kesulitan mendobrak pertahanan Kroasia. Bahkan, CR7 tertangkap kamera terlihat sedikit frustasi dengan situasi tersebut.

Spesialis Hasil Seri

Melihat kelemahan-kelemahan tersebut maka tidak salah jika ada anggapan bahwa Seleccao masih dinaungi oleh “Dewi Fortuna”. Lagi, lagi dan lagi tim asuhan Fernando Santos harus bermain seri di waktu normal sama seperti tiga pertandingan sebelumnya di fase grup. Tiga kali hasil seri itulah yang mengantarkan Portugal ke babak 16 besar sebagai peringkat tiga terbaik. Kini hasil seri di waktu normal juga yang kembali mengantarkan Portugal lolos ke babak perempat final. Selanjutnya Ronaldo Cs akan bersua Lewandowsky Cs. Jika tidak segera berbenah maka bisa dipastikan tim Samba Eropa ini tidak akan bisa melanjutkan langkahnya ke babak semifinal.

Namun bagaimana jika “sang dewi” masih berpihak pada mereka? Mungkinkah hasil seri di waktu normal akan kembali membawa Ronaldo Cs ke babak selanjutnya. Sebab Lewandowsky cs juga lolos ke perempat final setelah berbagi skor 1-1 dengan Swiss. Ditambah lagi dengan masih mandulnya Lewandowsky. Artinya peluang hasil seri antara Portugal vs Polandia masih terbuka lebar. Bola itu Bundar (jika tidak bundar bukanya bola saya… Ah ngaco) jadi sangat sulit memprediksi hasil akhir. Namun  jika itu yang terjadi maka Portugal adalah tim spesialisasi hasil seri di pagelaran Piala Eropa 2016.

Kita tunggu saja!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline