Lihat ke Halaman Asli

Joko Kuswanto

pedagang kecil yang hobi menulis

Spiritual, Filsafat dan Agama (Fill-Sufi 2)

Diperbarui: 15 Mei 2023   17:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

 sumber gambar barta1.com

Seperti prinsip dasar dari filsafat adalah  mempertanyakan  dan mencari, mengolah suatu "materi", yang menyerupai sepak terjang kehidupan alam dan manusia, secara radikal.. yang pada akhirnya mencapai  suatu kesimpulan. 

Dan dari kesimpulan ini melahirakan suatu "ilmu."               Dari ilmu inilah manusia menjadi seperti sekarang dengan dunianya.                                              Maka dari itu Filsafat disebut "ibu" dari segala ilmu.

Adalah  agama, sebagai ilmu, ketika masuk keranah filsafat..Agamapun harus siap dipertanyakan, di "adili" oleh Filsafat..konsekuensinya akan banyak nilai nilai yang berubah..demi pencapaian logis, dan tentunya  pada akhirnya membuat kekisruhan dikalangan manusia..Jika menangkap secara dangkal...

Disisi sebaliknya, manusia bisa memahami "kesadaran" akan keberadaan dirinya..dan TuhanNYA..bila manusia mendalami secara lebih dalam.

Mungkin ada pertanyaan menggelitik tentang keberadaan Tuhan..yang sangat mendasar adalah," Apakah Tuhan beragama, Berbangsa, atau berbahasa...?

Dan pasti manusia akan menjawab, dengan tegas, "Tidak mungkin," Tuhan beragama... karena Agama berasal dari keberadaan Tuhan itu sendiri. Tuhanlah yang menjadi titik puncak manusia beragama,    untuk hal ini semua pasti sepaham..

Lalu dari pertanyaan selanjutnya apakah" Tuhan" Berbangsa?      tentu juga dijawab dengan keras, kerena Tuhan adalah "Kesendirian Abadi"..Dari Kesendirian diri inilah menimbulkan pertanyaan tentang eksisitas Ke Esa an Tuhan.. Mengingat bahwa semua karya ciptaan ; Semesta dan seisinya, adalah pancaran DiriNya..Jejak-jejak tentang bukti keberadaan Tuhan justru dari ciptaannya sendiri, dari situlah manusia bisa mengenal Tuhannya.   Dari pengolahan inilah yang pada akhirnya melahirkan konsep beragam bahwasanya;

* Tuhan berbeda dengan                        CiptaanNya....

* Tuhan bersatu dengan                          Ciptaan.Nya.

* Tuhan adalah CiptaanNya..

Setiap konsep-konsep ini mempengaruhi cara "berkomunikasi"( beribadah) antara manusia dan PenciptaNya..

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline