Lihat ke Halaman Asli

Johanis Malingkas

TERVERIFIKASI

Penikmat kata

Ini Perlu Diketahui Pecatur Hebat: "Kombinasi", "Perangkap" dan "Ulet"!

Diperbarui: 22 Mei 2019   20:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mikhail Tal,pecatur kombinasi yg hebat (sumber:wikipedia)

Anda suka bermain catur? 

Anda mau jadi pecatur hebat dan tangguh?

Bagaimana gaya permainan anda ketika berada di arena papan catur 64 kotak hitam putih dan mengendalikan buah putih atau hitam?

Apakah anda suka bermain dengan gaya menyerang atau gaya bertahan alias bermain "posisi"?

Ikuti catatan singkat saya dibawah ini.

Langkah "Kombinasi"!

Kombinasi disini bukan pengertian kombinasi dalam ilmu matematik, bukan juga kombinasi warna rumah dan baju, namun langkah pecatur yang kerap di singkat "kombi". Catur adalah olah raga otak yang mengandung nilai ilmu dan seni. Langkah kombinasi adalah langkah taktis pecatur dimana dia kerap mengorbankan satu atau beberapa perwira namun akhirnya dia mampu memenangkan permainan. Dia mampu membuat lawan tergiur melahap suguhan perwira tanpa memperhitungkan akibat posisinya menjadi terancam dan bahkan kalah.

Pecatur dunia yang terkenal sering mengunakan gaya "kombinasi" ini adalah Mikhail Tal. Pecatur kelahiran Riga, Latvia Rusia 9 Nopember 1936. Tal dijuluki "Tukang shir dari Riga" gegara langkah langkah kombinasi catur yang aneh, lawannya seperti terhipnotis. Tal adalah pecatur hebat di eranya yang pernah mengalahkan juara dunia M Botwinik (Rusia) dalam dwi lomba tahun 1960 ketika berusia 23 tahun. Sehingga Tal menjadi juara dunia catur termuda.

Perangkap.

Perangkap disini bukan soal perangkap hewan yang suka merepotkan kita misalnya tikus di rumah. Ini perangkap dalam bermain catur. Pemain yang hebat dia mampu memasang perangkap dalam permainan pembukaan atau permainan tengah dan akhir. Dengan kemampuan intelektual dan dalam mengendalikan buah buah catur seorang pecatur memiliki kemampuan memasang perangkap kepada lawan sehingga lawan akan kehilangan waktu maupun buah catur yang penting. Kadangkala terjadi perangkap yang di pasangnya justru jadi bumerang dan sebaiknya dia yang terperangkap. Inilah yang mungkin yang menyebabkan pemain catur menjadi ketagihan bermain karena seorang pecatur akan merasa senang kalau lawan terpancing dan masuk perangkap yang di pasangnya. 

Ulet.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline