Lihat ke Halaman Asli

Jimmy Haryanto

TERVERIFIKASI

Ingin menjadi Pembelajaryang baik

Hoaks dan indonesia

Diperbarui: 1 September 2017   04:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

"Hoaks" berasal dari kata asing "hoax" yang dalam bahasa Inggris artinya suatu tindakan yang dimaksudkan untuk menipu atau menjebak (an act intended to deceive or trick).

Arti yang kedua dari "hoax" adalah sesuatu yang sudah berlaku atau diterima dengan cara yang salah atau keliru (something that has been established or accepted by fraudulent means).

Penggunaan kata "hoax" sering terdengar dengan ungkapan "menipu atau berbuat curang dengan menggunakan hoaks" (to deceive or cheat by using a hoax).

Dari definisi itu jelas terlihat bahwa "hoaks" itu tidak baik atau negatif karena mengandung penipuan atau kecurangan. Di negara maju pada umumnya orang tidak ingin menggunakan cara yang curang, menipu, atau hoaks.

Sangat disayangkan jika di negara yang 100% beragama dan mengakui Allah yang maha kuasa,  masyarakatnya justeru senang menggunakan "hoaks."

Masyarakat Indonesia, khususnya generasi muda, mari kita kembali pada keindonesiaan kita. Kita pelajari kembali hidup dan sikap berani para pemuda Indonesia yang tahun 1908 masih dalam keadaan susah karena dijajah Belanda, dengan bijak dan berani melakukan hal baik dan terpuji seperti menyatakan pentingnya berjuang bersama secara nasional membuat negeri Indonesia.

Perlu pula para anak muda mengambil sikap yang tidak mau dikelabui "orang yang sudah tua" tapi masih membenarkan sikap negatif seperti membolehkan penggunaan hoaks sebagai cara menghalalkan tujuannya.

Masih banyak cara lain yang lebih baik selain menggunakan hoaks yang akhir-akhir ini saja berkembang biak karena adanya teknologi informasi seperti email, facebook, whatsapp, dan lain-lain.

Para pemuda Indonesia hendaknya jangan mau menjadi "korban" kemajuan teknologi tapi jadilah "penentu" kemajuan itu.

Selamat membebaskan diri dari hoaks.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline