Lihat ke Halaman Asli

Izeldin Khalid S

Mahasiswa, Pembelajar

Mengenal Indische Partij, Partai Politik Pertama yang Melawan Kolonialisme Belanda

Diperbarui: 15 Juli 2023   18:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Indische Partij 'Partai Hindia' 1912. Sumber : Wikipedia

INDISCHE PARTIJ(Partai Politik Pertama Sekaligus Organisasi Pergerakan Melawan Kolonialisme Belanda)

Tanggal 25 Desember 1912, Ernest Douwes Dekker, Tjipto Mangoenkoesoemo, dan Ki Hajar Dewantara mendirikan Indische Partij, sebuah organisasi yang menjadi salah satu yang pertama di Hindia Belanda atau Indonesia. Organisasi ini cukup terkenal pada masa kolonial Hindia Belanda pada awal abad ke-20.

Indische Partij memiliki sikap non-kooperatif terhadap pemerintah kolonial Belanda dan menjadi wadah bagi orang-orang pribumi dan campuran di Hindia Belanda pada saat itu.

Agar lebih faham, mari kita menyelam lebih dalam tentang apa itu Indische Partij tentang sejarah, pendiri, tujuan, strategi dan alasan DIBUBARKAN.

SEJARAH TERBENTUK INDISCHE PARTIJ

Indische Partij didirikan pada tanggal 25 Desember 1912 di Bandung. Organisasi ini terbentuk sebagai respons terhadap keresahan Ernest Douwes Dekker, seorang keturunan Belanda, yang merasakan adanya diskriminasi dari orang Belanda asli. Diskriminasi tersebut mencakup kebijakan politik dan non-politik yang dilakukan oleh pemerintah Belanda pada saat itu ketika penjajahan di Indonesia masih berlangsung.

Awalnya, Ernest Douwes Dekker yang memiliki sikap kritis terhadap situasi sosial-politik saat itu, mendirikan organisasi bernama Indische Bond. Namun, organisasi tersebut tidak bertahan lama karena kurang mendapatkan dukungan dari masyarakat pribumi asli.

Kemudian, Ernest Douwes Dekker bergabung dengan Tjipto Mangoenkoesoemo dan Ki Hajar Dewantara, yang merupakan tokoh pribumi asli, untuk membentuk organisasi Indische Partij. Ketiganya juga dikenal karena kritik mereka terhadap pemerintahan Belanda melalui tulisan-tulisan mereka. Lalu, dari sinilah mereka disebut dan dikenal sebagai 3 serangkai.

Soewardi Soertjaningrat 'Ki Hadjar Dewantara'(Kiri), Ernest Douwes Dekker(tengah), Tjipto Mangoenkoesoemo. voi.id

PENDIRI INDISCHE PARTIJ YANG DIKENAL SEBAGAI 3 SERANGKAI

Ketiga tokoh Tiga Serangkai ini membentuk Indische Partij untuk membentuk kerjasama antara keturunan Belanda dan Indonesia asli atau pribumi. Mari kita mengenal tokoh tiga serangkai tersebut :

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline