Mohon tunggu...
Krisanti_Kazan
Krisanti_Kazan Mohon Tunggu... Guru - Learning facilitator in SMA Sugar Group

Mencoba membuat jejak digital yang bermanfaat dan bercita² menghasilkan karya buku solo melalui penerbit mayor. (Learning facilitator di Sugar Group Schools sejak 2009, SMA Lazuardi 2000-2008; Guru Penggerak Angkatan 5; Pembicara Kelas Kemerdekaan di Temu Pendidik Nusantara ke 9; Pemenang Terbaik Kategori Guru Inovatif SMA Tingkat Provinsi-Apresiasi GTK HGN 2023; Menulis Buku Antologi "Belajar Berkarya dan Berbagi"; Buku Antologi "Pelita Kegelapan"; Menulis di kolom Kompas.com; Juara II Lomba Opini Menyikapi Urbanisasi ke Jakarta Setelah Lebaran yang diselenggarakan Komunitas Kompasianer Jakarta)

Selanjutnya

Tutup

Financial Artikel Utama

Tips Keuangan dan Aktivitas Seru Selama Liburan Sekolah

10 Juni 2024   10:48 Diperbarui: 13 Juni 2024   19:06 254
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi liburan keluarga. (Dok. Shutterstock/Day Of Victory Studio via kompas.com)

Lagu Tasya Kamila

Libur t'lah tiba
Libur t'lah tiba
Hore! Hore! Hore! (Hore!)
Simpanlah tas dan bukumu
Lupakan keluh-kesahmu
Libur t'lah tiba
Libur t'lah tiba
Hatiku gembira

Liburan sekolah adalah waktu yang dinanti-nanti oleh anak-anak dan keluarga. Ini adalah kesempatan emas untuk beristirahat sejenak dari rutinitas sehari-hari, menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga, dan melakukan berbagai kegiatan yang menyenangkan. 

Namun, seringkali liburan sekolah juga dapat menjadi periode yang penuh tantangan, terutama dalam hal mengatur keuangan. Pengeluaran yang tidak terencana dan berlebihan bisa mengakibatkan masalah keuangan di kemudian hari.

Oleh karena itu, penting untuk memiliki rencana keuangan yang matang selama liburan sekolah. Dengan perencanaan yang baik, Anda dapat mengendalikan pengeluaran dan memastikan bahwa uang yang dikeluarkan digunakan dengan bijak. 

Selain itu, merencanakan aktivitas yang seru dan bermakna juga akan membuat liburan menjadi lebih berkesan dan bermanfaat bagi anak-anak.

Bagaimana cara mengatur rencana keuangan selama liburan sekolah serta berbagai ide aktivitas yang menyenangkan dan hemat biaya?

Mengatur Rencana Keuangan untuk Liburan Sekolah

Mengatur rencana keuangan selama liburan sekolah adalah langkah pertama yang sangat penting untuk memastikan liburan berjalan lancar tanpa beban finansial yang berlebihan. 

Langkah pertama dalam menyusun rencana keuangan adalah menentukan anggaran. Tetapkan jumlah total uang yang akan dihabiskan selama liburan, termasuk semua pengeluaran seperti transportasi, makanan, kegiatan, dan hiburan. Identifikasi sumber dana yang akan digunakan, apakah dari tabungan, alokasi dari pendapatan bulanan, atau sumber lainnya.

Setelah menentukan anggaran, langkah berikutnya adalah menyusun daftar pengeluaran. Buatlah daftar rinci dari semua biaya yang diperkirakan akan dikeluarkan selama liburan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun